081344567070 metromerauke@gmail.com

Satu Senpi yang Diduga Dibawa Kabur dari Pospol 99 Ditemukan

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw

Metro Merauke – Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua, Irjen Pol Pulus Waterpauw mengklarifikasi jumlah senjata api atau senpi laras panjang yang dibawa kabur dari Pos Polisi (Pospos) 99 di lokasi penambangan emas tradisional Baya Biru, Kampung Ndeotadi, Distrik Bogobaida, Kabupaten Paniai, Papua.

Kapolda Papua menyatakan, saat sekelompok orang tak dikenal atau OTK menyerang Pospol 99 pada Jumat malam (15/05), selain melukai salah satu anggota polisi yang berjaga di pos, pihak penyerang juga membawa kabur tiga senjata api laras panjang.

“Senjata api yang dibawa kabur tiga pucuk, bukan empat pucuk,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw, Minggu (17/05).

Sepucuk senjata api lainnya yang diduga juga dibawa kabur kelompok penyerang ditemukan saat dilakukan proses penyelidikan di lokasi. Senjata api ditemukan berada di bawah kasur.

Senjata api yang dibawa kabur dalam insiden itu, yakni sepucuk senpi jenis AK 47 dan dua pucuk senpi jenis SS1-V1.

Ketika penyerangan terjadi, hanya seorang anggota polisi yang berjaga di Pos Polisi 99. Tiga anggota polisi lainnya saat itu sedang rapat bersama masyarakat dan para pengusaha tambang, kios juga pihak terkait lain di salah satu rumah warga.

“Kami sedang melakukan pendekatan dengan para tokog agama dan tokoh masyarakat di daerah itu, sebagai upaya mendapatkan kembali tiga pucuk senpi yang dibawa kabur kelompok orang tak dikenal [yang menyerang pos polisi],” ujar Kapolda Papua.

Kapolda Papua berharap, dengan upaya pendekatan senjata api milik Polri yang dibawa kabur dapat dikembalikan. Bupati Paniai juga diharapkan dapat membantu upaya pengembalian tiga senjata api itu.

Hingga kini Polda Papua masih menyelidiki kelompok penyerang yang membawa kabur tiga senpi dan melukai seorang anggota polisi.

Kapolda Papua belum dapat memastikan apakah pihak penyerang adalah kelompok kriminal bersenjata atau bukan.

Kapolda Papua direncana akan berangkat ke lokasi kejadian di Kabupaten Paniai, Senin (18/05). Kapolda Papua akan berangkat ke lokasi bersama Pangdam XVII/Cenderawasih dan sejumlah pejabat di lingkungan Polda Papua juga Kodam XVII/Cenderawasih. (Arjuna/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri