081344567070 metromerauke@gmail.com

‘Terimakasih Bapak Romanus Mbaraka’

Sejumlah mama Papua foto bersama usai menerima bantuan beras serta gula pasir | LKF

Metro Merauke – Pagi itu, Sabtu (16/5) sekitar pukul 09.00 WIT, belasan tim RM-17 berkumpul dikediaman Drs. Romanus Mbaraka, MT yang beralamat di Jalan Brawijaya.

Kehadiran tim tersebut, tidak lain untuk bergerak menyalurkan bantuan (bingkisan) kepada 5.000 warga dalam wilayah kota dan sekitarnya.

Mantan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT sedang menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga di Spadem | LKF

Seperti biasa, sebelum aktivitas penyaluran bantuan dilakukan, didahului ibadah singkat oleh seorang pendeta. Usai ibadah pergerakan ke berbagai titik sasaran penyaluran bantuan dilakukan.

Penyerahan secara simbolis dilakukan disalah satu kelompok 50 yang beralamat di Jalan Spadem oleh Romanus Mbaraka. Selanjutnya koordinator mengatur, sekaligus membagikan kepada mereka yang telah didatakan namanya.

Usai penyerahan, Romanus Mbaraka bersama rombongan kembali ke kediaman. Nantinya pendropingan ke titik atau sasaran lain, dilakukan oleh tim. Beliau (Romanus;red) hanya melakukan pemantauan saat setiap bantuan dinaikkan ke atas dua mobil khusus yang telah dipersiapkan.

Berbagai titik sasaran dikunjungi. Lalu disana masyarakat maupun kelompok telah menunggu, sekaligus mendapatkan bantuan berupa beras 5 kilogram serta gula pasir.

Pice Watratan, salah seorang tim R-17 sedang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat di Biankuk | LKF

Jurnalis Metro Merauke sempat mengikuti sejumlah titik yang menjadi lokasi pendistribusian bantuan dimaksud seperti di daerah Kelapa Lima, Payung, Gudang Arang, Bianagkuk, belakang rumah sakit serta masih banyak tempat lain.

Terlihat dari pancaran raut wajah mereka (masyarakat), sangat merindukan akan ‘sentuhan’ atau perhatian berupa bantuan secara langsung apalagi di tengah pandemik covid-19.

Rasa senang dan haru bercampur menjadi satu. Mereka-pun ‘mengelu-elukan’ sosok Romanus Mbaraka. Meskipun tidak menjabat sebagai Bupati Merauke lagi, namun tetap memberikan perhatian besar terhadap rakyatnya di tengah kesulitan belakangan ini.

Blasius Karawam, salah seorang warga di RT 18/RW 4, Kelurahan Kelapa Lima yang juga menjadi koordinator menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Romanus Mbaraka, karena masih memikirkan akan kesulitan yang tengah dihadapi rakyat kecil.

“Atas nama masyarakat disini, saya menyampaikan terimakasih banyak untuk Bapak Romanus Mbaraka, lantaran telah membantu berupa beras serta gula pasir,” ujarnya.

Masyarakat kecil, lanjut Blasius, sangat membutuhkan bantuan seperti begini, apalagi di tengah pandemik covid-19. “Kami merasa bersyukur, karena Tuhan menggerakan hati Bapak Romanus dengan memberikan bantuan berupa beras serta gula pasir,” katanya.

Blasius mengaku, puluhan masyarakat sempat datang dan menunggu di rumah. Hanya karena berbagai kegiatan lain, sehingga mereka tak sempat menunggu. Tetapi akan diundang dan hari ini juga bantuan diserahkan langsung.

“Saya sudah mengantongi data nama-nama yang akan menerima. Mereka pasti datang mengambil di rumah sesuai jumlah yang dibagikan,” ungkap dia.

Mantan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT yang ditemui dikediamannya mengatakan, selama beberapa hari terakhir, 5.000 paket bantuan dikemas dan dimasukan dalam karung.

“Oleh karena semuanya telah dipersiapkan, makanya proses pendistribusian mulai dilakukan hari ini,” katanya.

Dikatakan, bantuan yang diberikan adalah perpuluhan yang didapatkan. “Saya memberikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Juga umat Muslim yang saat ini sedang menjalani ibadah puasa,” ujarnya.

“Puji Tuhan Yesus dengan bantuan yang diberikan, sekaligus menambah kekurangan dari mereka untuk digunakan, meskipun tak sebanyak diharapkan,” ungkapnya.

“Ya ini adalah titipan dari Tuhan untuk mereka, sehingga saya bisa salurkan rezeki yang didapatkan. Kalau saya menggunakan sendiri, terlalu berlebihan,” kata Romanus.

Lalu, menurutnya, ia menyadari bahwa ini adalah rahmat dari Tuhan. Sehingga wajib diberikan kepada sesama.

Romanus meminta kepada saudara yang menerima bantuan, agar dapat menggunakan dengan baik untuk keluarga.

“Bagi teman-teman yang belum mendapatkan bagian dari rahmat yang diberikan, saya menyampaikan permohonan maaf. Mudah mudahan pada pembagian berikut, bisa menerima,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri