Dua Wanita Lancarkan Modus Penipuan Jual Sembako Murah, Sejumlah IRT Tertipu

Korban sedang berada di SPK Polres Merauke untuk melapor | LKF

Metro Merauke – Dua wanita melakukan aksi penipuan di tengah pandemik covid-19 dengan menjanjikan adanya sembako murah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke yang dijual.

Modus keduanya adalah meminta uang muka terlebih dahulu kepada orang yang dijumpai, setelah itu baru sembako dihantar. Rupanya tidak hanya satu atau dua orang tertipu, tetapi lebih dari itu.

Salah seorang korban, Siti Maslamah, warga Jalan Yobar, Kelurahan Samkai saat ditemui Metro Merauke Kamis (14/5) mengaku, dirinya bersama beberapa ibu rumah tangga (IRT) memutuskan datang di Polres Merauke sekaligus melaporkan kedua pelaku.

Dia mengaku, minggu lalu, kedua wanita yang tidak dikenalnya itu datang ke rumahnya. Lalu menawarkan basar dari Pemkab Merauke berupa gula pasir, beras dan lain-lain yang dijual dengan harga murah.

“Ya, karena janjinya dijual murah, apalagi dari Pemkab Merauke, maka iapun meresponi dengan memberikan uang muka senilai Rp 1.000.000,” ungkapnya.

Sesuai janji kedua pelaku, sejumlah kebutuhan yang akan didapatkan itu dengan total nilai Rp 1.280.000. “Saya bilang kepada mereka, sisanya akan diselesaikan setelah barangnya datang,” kata dia.

“Memang kedua pelaku menjanjikan setelah maghrib akan menghantar sejumlah sembako murah itu. Setelah menunggu hingga beberapa hari, barang tak kunjung datang. Sehingga ia bersama sejumlah ibu memilih melapor ke Polres Merauke,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan