081344567070 metromerauke@gmail.com

VTM di RSUD Merauke Habis, Sampel Pasien Belum Bisa Dikirim

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita | LKF

Metro Merauke – Sampel pasien belum bisa diambil untuk dikirim ke Laboratorium Kesehatan (Labkes) sekaligus diuji, karena Viral Transport Medium (VTM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke habis.

VTM merupakan media untuk membawa spesimen sampel lender hidung dan tenggorokan yang telah melalui uji swab. Sampel dimakksud dibawa menggunakan swab ke laboratorium guna diuji apakah pasien dinyatakan positif atau negatif covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita yang dihubungi melalui telpon selulernya Kamis (8/5) mengatakan, oleh karena cadangan VTM habis, sampel pasien belum diambil, sekaligus dibawa untuk diuji di laboratorium.

“Kita sudah memesan 100 VTM ke Satgas covid-19 Provinsi Papua. Hanya saja belum dikirim, karena memperhitungkan juga dengan jadwal penerbangan pesawat Hercules,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Nevil, jika VTM telah dikirim akan digunakan di RSUD Merauke. Sekaligus sampel pasien diambil dan dikirim untuk diketahui hasilnya lebih lanjut. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri