081344567070 metromerauke@gmail.com

Pemerintahan di Yahukimo Dinilai Tak Maksimal

Anggota DPR Papua, Natan Pahabol bersama masyarakat Yahukimo

Metro Merauke – Anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Kabupaten Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol menilai kini pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Yahukimo tak maksimal.

Natan menyebut, tak maksimalnya pelaksanaan pemerintahan di wilayah itu disebabkan belum dilantiknya anggota DPRD Yahukimo terpilih periode 2019-2024. Pelantikan anggota DPRD Yahukimo terpilih yang direncanakan digelar pada 8 April lalu, belum terlaksana hingga kini.

“Kami mendesak segera dilakukan pelantikan agar bupati dan DPRD dapat duduk bersama membahas dan melaksanakan semua program, apalagi pada masa pandemi korona kini,” kata Natan Pahabol, Kamis (07/05).

Menurut Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua itu, bagaimana mungkin bupati dapat bijaksan menggunakan anggaran, tanpa pengawasan dari DPRD.

Ia mencontohkan, kondisi pelayanan kesehatan di Yahukimo yang kini tak maksimal tidak mungkin diatasi sendiri oleh bupati dan wakilnya. Dibutuhkan dukungan DPRD untuk bersama pemerintah daerah mengatasi berbagai masalah di tengah pandemi virus korona kini.

“Kondisi kesehatan di 51 distrik di Yahukimo kini sangat prihatin. Kehabisan obat, banyak warga sakit hingga meninggal dunia,” ucapnya.

Katanya, di Distrik Ubahak selama Februari hingga April lalu, sebanyak 10 warga di distrik itu meninggal dunia. Mungkin saja kejadian serupa terjadi di distrik lain. Apalagi selain tak adanya ketersediaan obat di sejumlah Pustu dan Puskesmas, juga tak ada tenaga medis.

“Ini penyakit lama. Dalam situasi Covid-19 kini, seharusnya pemerintah wajib menyiapkan anggaran seperti kabupaten lain. Dalam situasi apapun, pemerintah wajib memperhatikan situasi daerahnya, terutama pada masa pandemi Covid-19 kini,” ujarnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri