Pandemi Covid-19, Kondisi Kesehatan di Yahukimo Terpuruk 

Anggota DPR Papua, Natan Pahabol

Metro Merauke – Kondisi kesehatan di Kabupaten Yahukimo, Papua dikabarkan terpuruk pada masa pandemi Covid-19 atau virus korona kini.

Anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Kabupaten Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol mengatakan sejak pembatasan sosial dan pembatasan akses diberlakukan pada 26 Maret lalu, hingga kini belum ada pelayanan kesehatan di beberapa distrik di Yahukimo.

“Akibatnya kondisi kesehatan di sejumlah distrik sangat memprihatinkan. Pustu dan Puskemas kehabisan obat, sehingga sulit memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Natan Pahabol, Kamis (07/05).

Anggota komisi bidang pendidikan dan kesehatan DPR Papua itu mencontohkan, di Distrik Ubahak dan Distrik Anggruk sejumlah warga meninggal dunia dalam beberapa waktu terakhir.  akibat sakit, namun tidak mendapat perawatan kesehatan memadai.

Menurutnya, warga beberap distrik di Yahukimo berharap pemerintah daerah segera mengambil langkah mengatasi masalah kesehatan di wilayah itu.

“Saya jug berharap Pemerintah Kabupaten Yahukimo segera melaksanakan pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, agar bersama bupati melakukan kebijakan anggaran,” ujarnya.

Kata Natan, jika anggota DPRD Yahukimo tak dapat dilantik dalam waktu dekat, Bupati Yahukimo mesti mengambil langkah menangani masalah kesehatan di wilayahnya.

Selain fokus mencegah dan menangani penyebaran virus korona, Pemkab Yahukimo juga diingatkan mewaspadai virus lain yang mungkin saja akan muncul.

“Kabupaten Yahukimo belum nampak dengan Covid-19, tapi pemkab mesti mengambil sikap untuk mengatasi kemungkinan munculnya penyakit lain,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan