081344567070 metromerauke@gmail.com

Sejumlah Kabupaten Disarankan Lakukan Tes Cepat Covid-19

Metro Merauke – Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 Papua menyarankan sejumlah kabupaten di Papua segera melakukan tes cepat atau rapid test terkait Covid-19 atau virus korona.

Pernyataan itu dikatakan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule seiring bertambahnya orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan atau ODP dan PDP di beberapa kabupaten.

Kabupaten yang disarankan segera melakukan tes cepat, di antaranya Kabupaten Tolikara, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Merauke.

“Harapan besar kami kepada kabupaten yang bertambah PDP [dan ODP] nya segera melakukan rapid test kepada mereka yang PDP [dan ODP],” kata dr. Silwanus Simule dalam keterangan persnya, Rabu petang (06/05).

Menurutnya, jika ada di antara ODP dan PDP hasil tes cepatnya reaktif, tenaga kesehatan di kabupaten mesti segera melakukan protokoler kesehatan. ODP dan PDP yang memiliki hasil tes cepat reaktif mesti diisolasi, apakah isolasi secara mandiri atau di tempat yang telah disiapkan.

“Selanjutnya jika hasil rapid test positif (reaktif), segera menghubungi kami [Satgas Covid-19 Provinsi Papua] agar segera menjemput sampel-sampel [ODP dan PDP] untuk dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR),” ujarnya.

Katanya, secara akumulatif jumlah pasien positif Covid-19 di Papua hingga 6 Mei, sebanyak 248. Ada penambahan satu kasus positif dari hari sebelumnya. Penambahan kasus ditemukan Kabupaten Mimika.

Sementara untuk pasien positif dalam perawatan sebanyak 178 orang atau 72 persen, pasien yang sembuh sebanyak 63 orang atau 25 persen. Ada penambahan tiga pasien sembuh, yakni dua di Kabupaten Merauke dan satu di Kabupaten Bovendigul. Untuk pasien meninggal dunia sebanyak tujuh orang atau tiga persen.

“Sementara untuk PDP hingga hari ini sebanyak 390 orang, dan ODP sebanyak 2.469,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri