Jalan Trans Papua di Boven Digoel Diperbaiki

Metro Merauke – Jalan Trans Papua di Kabupaten Boven Digoel, akhirnya siap diperbaiki oleh pemerintah melalui Balai Jalan XXII Merauke, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wakil Bupati Boven Digoel, H. Chaerul Anwar mengatakan, pemerintah Boven Digoel telah mengajukan agar jalan Trans Papua (Merauke dan Mindiptana), dapat dituntaskan segera.

“Sudah kami konfirmasikan ke Kepala Balai Jalan XXII Merauke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang punya otoritas penuh atas jalan ini,” kata Wabup Anwar kepada Metro Merauke, kemarin.

Menurut Wabup Anwar, Pemerintah Daerah Boven Digoel tidak memiliki anggaran khusus untuk pemeliharaan Jalan Trans Papua. “(Tapi) juga dipengaruhi faktor cuaca dengan curah hujan cukup tinggi dan kapasitas muatan yang kadang overload (merusak jalan), (akibatnya telah) mengganggu kelancaran transportasi logistik dan manusia,” ujarnya.

Penyampaian Pemda Boven Digoel, langsung direspon pihak balai. “Alhamdulillah, kemarin sudah di respon baik sekali oleh Kepala Balai jalan untuk di kerjakan kembali secepatnya, sambil menunggu proses tender di pusat selesai (tender murni sedang berproses di pusat),” tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Boven Digoel juga berhasil dalam upaya memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kabupaten yang berbatasan dengan Negara Papua Nugini itu. Beberapa jalan utama diantaranya Jalan Trans Papua Prabu.

“Hal ini juga kami lakukan ketika Jalan Trans Papua (Prabu) hancur, dan langsung direspon balai dengan diperbaiki. Perbaikannya tidak permanen, namun (dapat digunakan) memudahkan perjalanan menjadi lebih baik,” jelas Anwar.

Saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan Kebudayaan 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu, sempat memaparkan perkembangan terbaru dari perbaikan akses jalan di wilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Jalan Trans Papua telah dibangun sepanjang 550 Km menghubungkan Kabupaten Merauke dengan Ibukota Boven Digoel serta Distrik Jair, Mindiptana dan Waropko. (redaksi)

Tinggalkan Balasan