Pembatasan Sosial Diperpanjang, Penutupan Akses Transportasi ke Papua Berlanjut

Ilustrasi kapal pelni di pelabuhan | Google

Metro Merauke – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua memperpanjang pembatasan sosial di provinsi paling Timur Indonesia tersebut.

Pembatasan sosial yang berakhir 24 April mendatang, akan diperpanjang selama dua pekan ke depan, atau hingga 6 Mei. Perpanjangan pembatasan sosial diikuti perpanjangan penutupan akses transportasi pelayaran dan penerbangan angkutan penumpang (orang) ke Papua dan ke luar Papua.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan perpanjangan pembatasan sosial dan penutupan akses sementara untuk pelayaran dan penerbangan penumpang dari dan ke Papua, diputuskan dalam rapat bersama forum komunikasi daerah (Forkopimda) Provinsi Papua, Rabu sore (22/04).

Kebijakan itu diambil Pemprov Papua bersama para Forkopimda, sebagai upaya meminimalisir meluasnya penyebaran Covid-19 atau virus korona di Papua.

“Secara jumlah, pasien positif Covid-19 di Papua jumlah meningkat. Kini sudah ada 124 orang [pasien positif Covid-19 di Papua]. Papua [kini] masuk enam besar [provinsi dengan] pasien positif [Covid-19] terbanyak,” kata Klemen Tinal usai rapat.

Wakil Gubernur Papua menegaskan, dengan memperpanjang pembatasan sosial dan penutupan akses sementara waktu selama dua pekan ke depan, Pemprov Papua dan pihak terkait lain memiliki waktu meminimalisir angka penyebaran Covid-19.

“Kita berharap pada awal Mei mendatang, grafik pasien pasien [dan penyebaran] Covid-19 di Papua bisa berkurang, meski kini Papua berada di urutan pertama persentase tingkat kesembuhan pasien Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, selama perpanjangan pembatasan sosial di Papua, aktivitas belajar [untuk siswa sekolah] dan bekerja dilakukan di rumah. Aktivitas warga juga dibatasi. Warga hanya diizinkan beraktivitas di luar rumah secara bebas mulai jam 06.00 WIT hingga jam 14.00 WIT.

“Masyarakat diminta mematuhi aturan atau ajuran pemerintah, agar angka pendemi korona di Papua dapat berkurang,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan