Bentrokan TNI/Polri, Kapolda: Tim Gabungan Sudah ke Memberamo Raya

Kapolda Papua dan Pangdam  XVII/Cenderawasih saat tiba di Bandara Mopah dengan pesawat Boeing milik TNI AU | LKF

Metro Merauke – Kapolda Papua, Irjen (Pol) Paulus Waterpauw mengungkapkan, tim gabungan sudah ke Memberamo Raya yang dipimpin Danrem 172 guna melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait bentrokan antara TNI/Polri hingga mengakibatkan tiga anggota Polres setempat yakni Briptu Alexander Ndun, Briptu Marcelino Rumaikewi dan Bripka Yosias Dibangga meninggal.

Hal itu disampaikan Kapolda saat memberikan keterangan pers di Bandara Mopah didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab serta Bupati Merauke, Frederikus Gebze Jumat (17/4). “Untuk berapa lama proses penyelidikan, nanti kita lihat saja, karena tim masih terus bekerja,” ujarnya.

Baca juga: Kapolres Merauke: Kita Sangat Kehilangan Almarhum Briptu Marcelino Rumaikewi

Berkaitan dengan rencana pertemuan bersama keluarga korban, Kapolda menyatakan, nanti bisa dilihat waktunya, karena sangat terbatas dalam kunjungan di Merauke. Namun beberapa waktu lalu telah dilakukan mediasi juga.

Unuk kenaikan pangkat tiga anggota yang gugur, Kapolda mengaku telah diusulkan.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab mengakui juga telah ada tim investigasi  ke Memberamo Raya melakukan penyelidikan lebih lanjut. “Memang butuh waktu dalam mengusutnya. Tidak bisa hanya satu atau dua hari,” tegasnya.

Khusus permintaan  agar posisi tiga anggota yang meninggal diakomodir dari keluarga, Pangdam menjelaskan, silahkan saja. Tetapi penerimaan anggota TNI/Polri harus memenuhi standard mulai dari masalah kesehatan, inteligensi, sikap serta perilaku.

“Namun demikian, kita akan tetap memfasilitasi secara baik jika ada keluarga korban yang ingin menjadi polisi atau tentara,” katanya.

Pangdam menambahkan, sinergitas antara TNI/Polri tetap dibangun secara baik. “Kita tetap menjaga perdamaian dan mendukung berbagai kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah,” ujarnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan