Pasien Positif Covid-19 di Papua Capai 80 Orang

Metro Merauke – Jumlah pasien positif Covid-19 di Papua hingga, Kamis petang (16/04), secara akumalatif mencapai 80 orang atau terjadi penambahan lima pasien.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan dari 80 pasien positif Covid-19 di Papua, 56 orang di antaranya kini dirawat di sejumlah rumah sakit di beberapa daerah, 17 orang pasien telah sembuh, dan tujuh lainnya meninggal dunia.

“Penyebaran penderita Covid-19 di Papua masih terkonsentrasi di enam kabupaten [daerah],” kata dr. Silwanus Sumule dalam keterangan persnya, Kamis petang (16/04).

Daerah penyebaran pasien positif Covid-19 di Papua, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mamberamo Tengah dan Kabupaten Jayawijaya.

Di Kota Jayapura sebanyak 25 pasien positif Covid-19. Sebanyak 16 di antaranya dalam perawatan, enam dinyatakan sembuh dan tiga lainnya meninggal dunia. Di Kabupeten Jayapura terdapat 14 pasien positif, sembilan dirawat, empat sembuh dan satu meninggal.

Di Mimika ada 22 pasien positif, 16 dalam perawatan, tiga sembuh dan tiga meninggal. Di Merauke lima masih dalam perawatan dan empat lainnya telah sembuh.

Sementara itu, di Kabupaten Keerom ada empat pasien positif yang masih dalam perawatan, di Kabupaten Sarmi terdapat tiga pasien positif juga masih dirawat, di Mamberamo Tengah terdapat satu pasien positif dalam perawatan, dan di Kabupaten Jayawijaya terdapat dua pasien positif dalam perawatan.

“Dari 56 pasien yang kini dirawat, tak satupun yang menggunakan alat bantu pernafasan,” ujarnya.

Peningkatan tidak hanya terjadi pada pasien positif Covid-19 di Papua, jumlah orang dalam pementauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan atau PDP pun meningkat.

ODP yang sebelumnya sebanyak 3.423 kini meningkat menjadi 3.545 atau bertambah 122 orang, sementara PDP yang sehari sebelumnya 98 orang, hari ini menjadi 100 pasien.

“Makna ini, khusus untuk ODP ini menunjukkan kerja dari teman-teman dan kesadaran masyarakat melapor dan memeriksakan diri sudah sangat baik. Menyangkut PDP, ini menunjukkan bahwa petugas kesehatan kita sudah berhasil menemukan sedini mungkin kasus-kasus yang menunjukkan gejala,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

Tinggalkan Balasan