Lima Orang Positif Covid-19, Nevil Muskita: Ada Tambahan Dua Lagi

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita | LKF

Metro Merauke- Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita mengatakan, jumlah pasien corona atau covid-19 yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke  lima orang.

Hal itu disampaikan Nevil saat jumpa pers di posko satgas covid-19 kantor bupati Kamis (16/4). “Awalnya empat positif covid-19. Namun hasil terakhir yang kami dapatkan  dari Laboratorium Kesehatan (Labkes), pasien 13 dan 14 yang merupakan suami isteri, telah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

“Memang suami sembuh duluan dan dipulangkan. Sedangkan isterinya hasil terakhir  baru didapatkan. Dimana dinyatakan sembuh, sehingga ikut dipulangkan ke rumah,” katanya.

Dengan demikian, jelas Nevil, tersisa tiga orang pasien  covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Merauke. Namun tadi ada hasil  dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jakarta yang diterima.

Dimana dua orang berjenis kelamin perempuan usia 14 tahun dan 35 tahun dinyatakan positif covid-19.

Oleh karena ada tambahan dua lagi, maka jumlah pasien covid-19 di RSUD Merauke  bertambah  menjadi lima orang.

“Memang dua pasien baru  tersebut, melakukan kontak serumah bersama suami isteri yang telah dinyatakan sembuh itu,” katanya.

Selama ini, menurut dia, keduanya tidak masuk pasien dalam pengawasan (PDP). Karena  hasil rapid test (pemeriksaan cepat) yang dilakukan beberapa waktu  lalu, mereka dinyatakan negatif, sehingga dipulangkan. Namun sampel darah  diambil dan dikirim ke Labkes.

“Kita sudah dapatkan hasil dan keduanya dinyatakan positif covid-19. Sehingga langsung dilakukan perawatan di RSUD Merauke,” ungkapnya.

Khusus pasien dalam pengawasan (PDP)  masih dua dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Keduanya adalah laki-laki. Salah satunya adalah rujukan dari RSUD Boven Digoel.

“Dia adalah salah satu penumpang Lion Air. Saat rapid test pertama di  RSUD Boven Digoel,  dinyatakan negatif. Namun rapid test kedua positif, sehingga dirujuk ke RSUD Merauke. Setelah rapid test lagi disini, hasilnya tetap positif,” katanya.

Sehingga, jelas Nevil, ditetapkan PDP dan dirawat. Lalu sampel darahnya telah  diambil dan dikirim ke Labkes Jakarta guna mengetahui hasil lebih lanjut apakah positif atau negatif. (LKF)

Tinggalkan Balasan