Wartawan Abal-Abal Kerap Lakukan live Streaming  Facebook, Satgas Covid-19 Merauke ‘Tertibkan’ Para Jurnalis

Sejumlah jurnalis saat mengikuti jumpa pers beberapa waktu lalu | LKF

Metro Merauke – Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke melakukan penertiban terhadap para ‘kuli tinta’ (jurnalis) Merauke. Dimana yang diperbolehkan mengikuti jumpa pers, sehubungan perkembangan covid-19 setiap hari adalah jurnalis yang mengantongi kartu pers.

Langkah itu diambil setelah beberapa kali jumpa pers digelar juru bicara Satgas Covid-19, dr. Mevil Muskita,  oknum tertentu yang ‘berlagak’ seperti seorang jurnalis,  seenaknya  melakukan live streaming  facebook.

Melihat kondisi demikian, akhirnya ‘jurnalis abal-abal’ ditertibkan. Mereka tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan  mengikuti jumpa pers.

Siapapun yang hendak masuk, terlebih dahulu menunjukkan identitas diri berupa kartu pers di pintu masuk.

Salah seorang jurnalis senior di Kabupaten Merauke, Fidelis Jeminta yang dimintai komentarnya Rabu (8/4) mendukung penuh langkah Satgas Covid-19 menertibkan para awak media.

“Saya kira tepat langkah demikian diambil. Kita bisa lihat dalam dua hari terakhir, hanya jurnalis baik media cetak, elektronik maupun online yang masuk mengikuti jumpa pers dan sangat tertib,” ungkap Fidelis yang juga Pemimpin Redaksi Pelita Papua.

Jika dibandingkan dengan situasi saat covid-19 mulai merebak, banyak sekali yang mengikuti kegiatan jumpa pers. Padahal sesungguhnya mereka bukan jurnalis.

“Sayangnya juga, ada yang hanya melakukan live streaming di facebook, mengklaim diri sebagai jurnalis. Nah orang-orang begini perlu ditertibkan,” tegasnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan