Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Papua Meningkat Drastis

Metro Merauke – Jumlah pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Papua meningkat drastis pada Rabu, 8 April.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan  hingga Rabu malam (08/04), jumlah pasien positif Covid-19 di Papua secara kumulatif sebanyak 45 orang. Terjadi tambahan 14 kasus baru dari jumlah kasus postif Covid-19 secara kumulatif sehari sebelumnya, yakni 31 kasus.

Menurut dr. Silwanus Sumule, tambahan 14 kasus positif Covid-19, yakni di Kota Jayapura enam kasus, Kabupaten Jayapura empat kasus dan Kabupaten Mimika empat kasus.

“Sebanyak 35 orang [pasien positif Covid-19] dalam perawatan, lima orang sembuh, dan lima orang meninggal dunia. Satu pasien meninggal dunia hari ini adalah yang dirawat di Kabupaten Mimika,” kata dr. Silwanus Sumule dalam keterangan persnya, Rabu malam (08/04).

Katanya, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke merupakan empat daerah di Papua yang kini menjadi perhatian Satgas Penanganan Covid-19 Papua. Situasi itu disebabkan, terus meningkatnya jumlah kasus positif di wilayah itu, khususnya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika.

Dengan penambahan kasus pasien positif Covid-19 yang signifikan, diharapkan warga dapat mengikuti setiap instruksi pemerintah. Tidak menganggap remeh penyebaran virus korona. Siapa pun yang merasa pernah melakukan kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP), segera melepor ke petugas kesehatan.

“Itu agar bisa mengetahui statusnya dan membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Jangan malu atau takut,” ujarnya.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Papua, hingga kini jumlah pasien positif terpapar virus korona di Kota Jayapura, yakni 21 orang. Sebanyak 16 orang dalam perawatan, tiga dinyatakan sembuh, dan dua lainnya meninggal dunia.

Sementara di Kabupaten Mimika terdapat 13 kasus positif, 10 orang pasien dalam perawatan, dan tiga lainnya meninggal dunia. Di Kabupaten Jayapura tercatat tujuh pasien positif kini masih dalam perawatan, di Kabupaten Merauke terhadap empat kasus positif, dua pasien dalam perawatan dan dua lainnya dinyatakan sembuh.

“Pasien dalam pengawasan juga bertambah 10 orang hari ini, menjadi 54 PDP. Akan tetapi untuk orang dalam pemantauan (ODP) berkurang 178 orang, dari jumlah semula sebanyak 3.262 menjadi 3.084 orang,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan