081344567070 metromerauke@gmail.com

Bupati Paniai Pinjamkan Pesawat untuk Angkut Alkes Sekaligus Jadi Pilotnya

Metro Merauke – Tergugah hatinya karena pandemi global Covid-19, Bupati Paniai, Meki Nawipa meminjamkan satu unit pesawat tanpa biaya apapun untuk mencegah penyebaran virus Covid -19 di wilayah Meepago terutama Paniai, Dogiyai, dan Deiyai, Papua.

Dituturkan Meki Nawipa melalui percakapan WhatsApp pada hari Jumat (3/4/2020), seperti dilansir Jakarta Globe, pesawat itu akan mengangkut logistik kesehatan seperti alat kesehatan (alkes) dan sejenisnya. “Saya bersama keluarga sumbangkan satu pesawat untuk mengangkut kepentingan kesehatan di wilayah Meepago. Jadi ini untuk memerangi Covid -19 di wilayah ini,” ujar Bupati Meki Nawipa usai pertemuan terbatas antara pihaknya dengan Pemkab Dogiyai dan Deiyai di Waghete, Jumat.

Nawipa mengatakan, pesawat tersebut akan melakukan pelayanan selama beberapa pekan ke depan di tiga kabupaten itu dari Jayapura. “Pesawat akan standby di Jayapura, ketika kita membutuhkan maka pesawat akan terbang ke sini,” ucapnya. “Jadi apabila Dogiyai dan Deiyai membutuhkan logistik alkes maka pesawat akan terbang ke Enarotali dari Jayapura bawa semua alkes. Sehingga begitu alkes tiba di Enarotali bisa mobilitas alkes ke Dogiyai dan Deiyai,” katanya.

Dan pada tanggal 3 April 2020 lalu Meki Nawipa menerbangkan sendiri pesawat itu untuk membawa alat kesehatan untuk dua kabupaten di Papua, kabupaten Paniai dan Deiyai. Tidak hanya menerbangkan pesawat, Meki Nawipa juga turun langsung membantu mengangkat box berisi alkes tersebut.

Meki Nawipa adalah seorang pilot lulusan Australia. Tahun 2000, ia berhasil menyelesaikan pendidikan dan lulus dengan sertifikasi sebagai Private Pilot LIcence (PPL) dari Deraya Flying School, Halim Perdana Kusuma Jakarta. Tidak puas dengan ilmu, pada tahun 2004 ia kembali melanjutkan studi penerbangannya di Bible College of Victoria (BCV) di Melbourne – Australia.

Sebelum menjadi pilot pada salah satu pesawat komersil yang melayani beberapa rute di Papua, Meki Nawipa sempat bekerja sebagai pilot pada Mission Aviation Fellowship (MAF) di Papua Neuw Guinea (PNG), pada tahun 2003, dan pada tahun 2008 barulah ia berhasil membuktikan impian dan cita – citanya membawa pesawat menjangkau daerah – daerah pedalaman di Papua dengan bekerja pada maskapai Susi Air, hingga dirinya memutuskan maju pada Pilkada 2018 dan menjabat sebagai bupati Paniai sejak itu.

Plt. Sekda Kabupaten Dogiyai, Petrus Agapa mengaku senang atas inisiatif orang nomor satu di Kabupaten Paniai itu. “Ini luar biasa, tidak gampang pak Bupati. Sekarang kita fokus sama-sama perangi virus ini agar tidak boleh masuk di Meepago,” kata Agapa.

Kepala Dinas Kesehatan Deiyai, Kornelis Pakage juga mengapresiasi tindakan itu. Kata dia, sejumlah alkes yang dipesan di Bandung untuk kepentingan pencegahan Covid -19 akan diangkut pakai pesawat tersebut. “Terimakasih pak Bupati Paniai. Banyak alat kesehatan pencegahan Covid -19 dari Bandung jadi jika semua sudah tiba di Jayapura maka bisa diantar pakai pesawat yang disumbangkan oleh Bupati Paniai,” kata Pakage.

Sumber : Jakarta Globe

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri