Pasien Positif Covid-19 di Papua Meningkat

Metro Merauke – Pasien positif Covid-19 di Papua hingga, Jumat malam (03/04), berjumlah 13 orang, atau terjadi peningkatan tiga pasien. Penyebaran pasien berada di Kota Jayapura (delapan pasien), Kabupaten Jayapura (dua pasien), dan Mimika (tiga pasien).

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan awalnya sebanyak 16 pasien positif Covid-19 menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Papua.

Akan tetapi tiga di antara pasien tersebut telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. Pasien yang dinyatakan sembuh, yakni dua orang di Kabupaten Merauke dan satu orang di Kota Jayapura.

“Ada tiga pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Jayapura, terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini. Kondisi para pasien dalam keadaan sakit sedang hingga sakit keras. Satu di antara pasien kini dalam perawatan menggunakan alat bantu pernafasan,” kata Silwanus Sumule, Jumat malam.

Menurutnya, selain jumlah pasien positif, peningkatan juga terjadi untuk jumlah PDP di Papua. PDP di Papua semula berjumlah 42 orang. Namun sebanyak sembilan orang di antaranya diizinkan pulang karena dinyatakan telah sembuh. Akan tetapi kemudian terjadi penambahan 12 PDP, sehingga jumlah PDP di Papua hingga Jumat malam, sebanyak 45 orang.

Katanya,  penambahan PDP di Papua berada di Kabupaten Merauke (satu orang), Boven Digoel (tiga orang), Sarmi (dua orang), Jayapura (dua orang) dan Mimika (empat orang).

“Untuk jumlah orang dalam pemantauan atau ODP di Papua kini sebanyak 6.723 dari jumlah semula sebanyak 7.040, atau berkurang 317 orang,” ujarnya.

Masyarakat Papua diharapkan mematuhi imbauan pemerintah, untuk berdiam di rumah jika tak ada keperluan mendesak. Masyarakat disebut memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Papua. (Arjuna/Redaksi)

Tinggalkan Balasan