Kapal Pengangkut Minyak Meledak, Nasib 1 ABK Belum Diketahui

Aparat kepolisian tengah melakukan olah TKP, guna mengetahui pasti penyebab kebakaran kapal minyak

Metro Merauke – Masyarakat Merauke, Papua, Rabu sore (1/4) dikejutkan dengan adanya bunyi ledakan yang cukup keras. Diketahui sumber ledakan dari sebuah kapal bermuatan minyak yang tengah bersandar di dermaga milik salah satu pengusaha di Merauke.

Kapal dengan nama lambung Spob Refqy, tiba-tiba meledak di bagian kamar mesin. Akibatnya, 1 ABK kapal, Saharudin (34) mengalami luka bakar serius di sekujur tubuh dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bunda Pengharapan (RSBP) untuk perawatan medis.

Sedangkan 1 ABK lainnya yang saat kejadian berada di dalam kamar mesin, hingga kini masih dalam pencarian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, melalui Kepala Subseksi Operasi dan Siaga, Fajar Yuniarto menjelaskan, saat kejadian, jam 15.49 WIT, ABK Rescue Boat Basarnas Merauke yang kapalnya sedang bersandar di dermaga Perikanan Kelapa Lima Merauke, langsung bergerak ke lokasi kejadian dan berhasil mengevakusi 3 orang dari atas kapal.

“Berdasarkan keterangan korban selamat, masih ada 1 rekannya yang berada di kamar mesin, bernama Saldi. Namun setelah dilakukan pencarian di dalam kamar mesin, korban tidak ditemukan,” terangnya.

Kuat dugaan, korban melompat ke air untuk menyelamatkan diri. “Kita lakukan pencarian, fokus pencarian di atas kapal dan juga di permukaan air Sungai Maro disekitar lokasi kejadian kecelakaan.”

Hingga kini Tim SAR dan gabungan masih terus melakukan pencarian keberadaan korban.

Sementara itu Kabag Ops Polres Merauke, AKP Erol Sudrajat mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab terjadinya ledakan kapal minyak dimaksud. Karena masih perlu dilakukan penyelidikan mendalam. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan