Dua Pasien positif Covid-19 yang Dinyatakan Negatif Telah Sembuh dan Dipulangkan

Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevil Muskita didampingi Bupati Merauke, Frederikus Gebze saat memberikan keterangan pers | LKF

Metro Merauke – Dua pasien yang  awalnya dinyatakan positif covid-19 dan setelah dua kali konfirmasi hasil sampel darahnya negatif, maka hari ini dipulangkan ke rumahnya karena sembuh, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita didampingi langsung Bupati Merauke, Frederikus Gebze saat jumpa pers di posko satgas covid-19 Rabu (1/4). “Setelah dua kali konfirmasi melalui sampel dari mereka di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jakarta, dinyatakan negatif,” ungkapnya.

Dengan demikian, jelas dia, hari ini, mereka bisa pulang ke rumah masing-masing. Begitu juga pasien dalam pengawasan (PDP)  2, 3, 10 dan 11 dipulangkan, karena telah dinyatakan sehat.

Baca juga: Dua Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif, Enam PDP Dipulangkan dari RSUD Merauke

Kemudian, menurutnya, salah satu PDP dari Jagebob, setelah sampel darahnya dikirim, dinyatakan negatif dan akan pulang hari ini. Mereka  diberikan lembar edukasi dan selama 14 hari tetap karantina di rumah serta harus tetap menjaga jarak.

Lebih lanjut Nevil menjelaskan, semalam ada dua PDP masuk di RSUD Merauke. Mereka adalah suami isteri yang baru datang dari Timika dengan menggunakan KM Tatamailau beberapa waktu lalu.

“Kemungkinan mereka ada kontak dengan yang di Bandung, setelah salah satu keluarganya meninggal di Timika. Keluhan suami isteri sama yakni gejalah demam dan batuk pilek. Sehingga setelah diperiksa dokter, dinyatakan PDP dan langsung dirawat,” ungkapnya.

Nantinya, jelas dia, hasil sampel darah keduanya dikirim melalui pesawat Hercules untuk diteliti di Labkes Jakarta. “Kalau tak salah besok ada pesawat dan langsung dikirim,” katanya.

Jadi, menurutnya, jumlah PDP yang masih menjalani perawatan di RSUD Merauke tiga orang. Sedangkan lainnya sudah keluar sejak kemarin dan hari ini.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan ucapan terimakasih kepada tenaga medis di RSUD yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik merawat para pasien positif hingga PDP sampai sembuh dan  dapat pulang ke rumah.

“Pesan saya kepada seluruh masyarakat agar tidak berkumpul dan melakukan kegiatan. Lebih baik tetap berdiam di rumah,” pintanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan