081344567070 metromerauke@gmail.com

Uskup Mandagi Keluarkan Keputusan Misa Hari Minggu di Gereja Bagi Umat Katolik  Ditiadakan

Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke (KAME), Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC | LKF

Metro Merauke – Setelah merebaknya virus corona di berbagai daerah di Indonesia,  Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Mgr, Petrus Canisius Mandagi, MSC mengeluarkan keputusan yang ditujukan kepada para pastor, diakon, frater, suster dan umat Katolik dalam wilayah Keuskupan Agung Merauke.

Surat dengan Nomor 66/UAAKAMe/III/2020 yang ditandatangani Uskup Mandagi, perihal pencegahan penyebaran covid-19 didapatkan juga Metro Merauke Sabtu (21/3).

Uskup mengatakan, dengan mempertimbangkan himbauan Presiden RI, Joko Widodo dan kepala daerah Provini Papua tentang tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus corona, maka ada beberapa keputusan diambil.

Beberapa keputusan dimaksud diantaranya pertama, tebarkan harapan kepada umat bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan umat terutama di saat saat sulit  seperti ini. Tegulah dalam iman.

Kedua, semua misa (baik misa hari Minggu, misa harian maupun misa dalam kesempatan lainnya) ibadat, devosi  serta kegiatan rohani  seperti jalan salib, rosario, ziarah maupun pertemuan baik di tingkat keuskupan,  wilayah, paroki, stasi  maupun lingkungan seperti doa, latihan koor dan lain-lain terhitung mulai Minggu 22 Maret sampai Sabtu 4 April 2020 ditiadakan.

Ketiga, para imam tetap merayakan ekaristi  kudus  baik secara pribadi maupun dalam komunitas masing-masing demi kepentingan umat beriman sampai batas waktu yang telah ditetapkan.

Empat, berhubung karena tidak adanya perayaan ekaristi atau ibadah bersama lainnya, maka kegiatan doa dalam komunitas religius, seminari dan keluarga-keluarga Katolik, tetap digalakan. “Sekarang saatnya kita kembali berkumpul bersama keluarga  dalam doa,” pintanya.

Kelima, kebijakan lain tentang  pekan suci, tri hari suci dan Paskah, akan diinformasikan kepada semua imam dan umat Katolik di Keuskupan Agung Merauke setelah batas waktu yang ditetapkan.

“Demikian himbauan ini disampaikan untuk diperhatikan dan dilaksanakan dalam lingkup gereja Keuskupan Agung Merauke,” tulis Uskup. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri