Petugas Medis Pantau Keluarga Pasien Terduga Virus Corona

Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevil Muskita diwawancarai sejumlah wartawan | LKF

Metro Merauke – Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita menjelaskan, beberapa petugas medis melakukan pemantauan terhadap keluarga pasien terduga virus corona yang hingga sekarang masih menjalani perawatan di ruangan VIP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Pemantauan itu dilakukan secara langsung di rumahnya. Untuk jumlahnya lebih dari 10 orang. Itu dengan tujuan agar ketika ada gejalah batuk-pilek maupun demam, segera ditangani.

Hal itu disampaikan Nevil kepada sejumlah wartawan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke Senin (16/3). “Keluarga yang kita identifikasi kontak dengan pasien adalah orang dalam pemantauan (ODP) yang ada di rumah atau diistilahkan karantina mandiri,” ungkapnya.

Jumlahnya, menurut dia, lebih dari 10 orang. Tentunya selain isteri, anak-anak juga keluarga di sekitar. “Memang ada dua rumah dipantau. Jadi petugas kesehatan mendatangi rumahnya sekaligus mengecek kesehatan mereka,” ungkapnya.

“Tentunya kita harus mengambil langkah cepat dan perlu kewaspadaan  masyarakat, karena virus corona adalah penyakit menular. Ya kalau untuk menekan penyebaran, gerakan interaksi sosial perlu dikurangi,” pintanya.

Ditambahkan, saat ini specimen sedang disiapkan untuk pengiriman sampel darah pasien terduga corona. “Kemarin gagal dikirim melalui pesawat Garuda, lantaran MSDS belum disiapkan,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan