Sulitnya Medan TMMD di Kampung Epem, Menembus Tebu Rawa hingga Memikul Material

Masyarakat Epem Antusias Bantu Kelancaran TMMD Ke-107

Metro Merauke – Kendati dihadapkan dengan medan yang sulit, namun Satgas TMMD ke-107, Kodim 1707/Merauke tak pantang menyerah.

Seperti diceritakan Serda Didik Wahyudi yang ikut tergabung dalam satgas TMMD. Dirinya menggambarkan perjuangan besar yang harus mereka lalui untuk dapat sampai ke titik lokasi sasaran TMMD kali ini, Kampung Epem, Disrik Citak Mitak, Mappi, Papua. Katanya, personel yang ditugaskan dalam TMMD ke -107, mendapatkan pengalaman tersendiri.

Perjalanan awal dengan menempuh dengan jalur darat menggunakan kendaraan roda empat melalui Asiki, Distrik Jair, Boven Digoel. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mengganti alat transportasi, menggunakan kapal kayu. Sarana angkut ini lah yang dapat menembus Kampung Epem.

Baca juga: Masyarakat Epem Antusias Bantu Kelancaran TMMD Ke-107

Dan di perjalanan inilah tantangan mulai dirasakan. Di beberapa titik perjalanan untuk menuju Kampung Epem, di sepanjang Sungai Passue, satgas harus berjibaku dengan tumpukan tebu rawa yang menghalangi laju alat transportasi sungai yang satu ini.

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, melalui Pasi Ter Kodim 1707/Merauke, Kapten Inf Herman Purba membenarkan apa yang dialami personelnya menuju lokasi sasaran pembangunan di Kampung Epem.

“Suka dan duka pasti dirasakan. Seperti di beberapa titik di sepanjang perjalanan, kalau sudah sampai di Sungai Passue, akan dihadapkan dengan tumpukan tebu rawa. Tak mudah melaluinya, harus ekstra hati-hati. Ini juga menjadi pengalaman tersendiri,” ujarnya, Senin (9/3).

“Sedangkan sukanya, kita bisa menjadi lebih akrab dan memperkuat tali persaudaraan antar sesama personel Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke.”

Kendala lain yang harus dihadapi, kebutuhan material pembangunan TMMD pun harus dipikul menuju lokasi. Pasalnya, belang yang mengangkut material saat itu tidak dapat bersandar di Pelabuhan Epem, karena air surut.

Beruntung, warga setempat sangat antusias dan bersemangat ikut membantu mengangkut meterial, seperti semen, seng, cat, triplek dan kayu secara bersama-sama menuju tempat yang dituju.

Kondisi ini menggambarkan kebersamaan masyarakat bersama TNI, pantang menyerah dalam membangun negeri lewat TMMD ke-107 di Kabupaten Mappi. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan