081344567070 metromerauke@gmail.com

Tak Penuhi Syarat, Dokumen Bacabup-Bacawabup Merauke Ditolak KPU

Ketua KPU Merauke, Maria Theresia Mahuze tgunjuk berita acara | LKF

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke telah melakukan pengecekan dan penelitian dokumen dari pasangan bakal calon Bupati Merauke dan calon wakilnya, Christian David Tarigan Gebze-Suyoto yang maju melalui jalur independen.

Total dokumen yang diserahkan bakal calon adalah  15.350 dengan sebaran di 20 distrik.  Yang memenuhi syarat adalah 14.801. Sedangkan yang tak memenuhi syarat 549. Masih kurang 52 dari syarat minimal yang ditetapkan KPU 14.853 atau 10 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Merauke yakni 148.526.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Merauke, Maria Theresia Mahuze kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya Kamis (27/2). “Oleh karena masih kurang, sehingga kami menyatakan tidak memenuhi syarat dan ditolak,” ujarnya.

Penolakan tersebut, jelas dia, melalui pleno pengecekan jumlah dukungan minimum dan persebaran. “Saat pleno,  hadir juga bakal calon bupati dan timnya disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” ujarnya.

Dengan demikian, hasilnya mereka mengetahui pula. “Kami juga membuat berita acara dan tanda terima pengembalian,” ungkapnya.

Disinggung tanggapan dari pasangan bakal calon, Theresia mengaku mereka kecewa dan merasa dirugikan. “Ya, silahkan saja ke Bawaslu jika ada keberataan,” saran dia dan menambahkan, pihaknya sudah  bekerja sesuai aturan. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri