Boby Harun: Banyak Sekali Peningkatan Manfaat Dari PP 82 Tahun 2019

Peserta yang mengikuti sosialisasi di Swiss-belhotel Merauke | LKF

Metro Merauke – Kepala BP  Jamsostek  Cabang Merauke, Boby Harun mengungkapkan, banyak sekali peningkatan manfaat dari adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019.

Hal itu disampaikan Boby dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi PP yang dihadiri sejumlah perusahan dan karyawan di Swiss-belhotel Rabu (26/2). Menurutnya PP 82 Tahun 2019, sudah lama disusun, namun bertepatan dengan Pilpres, sehingga baru ditandatangi Presiden RI, Joko Widodo tahun lalu.

Sehingga, lanjut dia, mulai Januari dilakukan road show dengan melakukan sosialisasi. Karena PP tersebut memiliki banyak sekali peningkatan manfaat, terutama paling signifikan adalah beasiswa.

Di sektor JK dan JKM, menurutnya, apabila terjadi resiko kecelakaan kerja, anak dari  tenaga kerja itu, mendapatkan beasiswa. “Memang dulunya hanya satu, tetapi sekarang sudah dua orang dengan nilai sebesar Rp 174 juta,” ujarnya.

Lalu, menurutnya, dua anak tersebut  mendapatkan beasiswa  dari BP Jamsostek  dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Selain itu, ada program baru juga yakni apabila terdapat tenaga kerja yang tidak bisa ke rumah sakit, dilakukan perawatan di rumah. Maksimal Rp 20 juta per tahun.

“Juga biaya transportasi ikut  naik. Serta santunan naik dari Rp 24 juta menjadi Rp 42 juta yang diterima ahli waris,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke, Keliopas Ndiken dalam sambutannya menjelaskan, sosialisasi PP 82 Tahun 2019, tidak lain menjawab kerinduan tenaga kerja yang bekerja di perusahan maupun tempat lain.

“Saya kira PP itu telah memberikan keberpihakan kepada tenaga kerja,” ujarnya.

Dia mengharapkan peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik dan jika ada yang belum dipahami, dapat  ditanyakan secara langsung, sehingga ada penjelasan diberikan.

“Terimakasih untuk BP Jamsostek yang melaksanakan kegiatan dimaksud dan sekiranya dapat berjalan sesuai harapan,” ungkapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan