081344567070 metromerauke@gmail.com

Menuju Pilkada 2020, Satu Balon Serahkan Mandat Operator Silon ke KPU

Komisioner KPU Merauke, Divisi Tehnik Penyelenggara, Michael Sarawan

Metro Merauke – KPU Merauke, Papua, menerima surat mandat operator Sistem Informasi Pencalonan (Silon) terhadap satu pasangan bakal calon (balon), yang akan maju pada Pilkada 2020 dari jalur perseorangan.

Komisioner KPU Merauke, Divisi Tehnik Penyelenggara, Michael Sarawan menyebut, satu bakal calon perseorangan yang telah menyerahkan surat mandat operator Silon tersebut, atas nama Kristian Tarigan Gebze dan Suyoto.

“Penyerahan surat mandat operator Silon dan profil bakal calon ke KPU Merauke dilakukan pada 12 Februari lalu,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (18/2).

Selanjutnya, kata Sarawan, sesuai jadwal pentahapan Pemilu, Rabu (19/2) hingga Minggu (23/2) mendatang, merupakan jadwal penyerahan dokumen dukungan bakal calon jalur perseorangan ke KPU.

Nantinya, dalam tahapan itu, awal sekali KPU akan langsung melakukan verifikasi yang menjadi persyaratan calon perseorangan.

Yakni mengenai jumlah dukungan 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) dan 50 persen plus 1 penyebaran distrik, yaitu 11 distrik.

“Bila saat penyerahan dokumem dukungan dan diverifikasi diketahui ada kekurangan, KPU masih memberikan kesempatan untuk segera diperbaiki hingga tanggal 23 Februari 2020,” terangnya.

Mengenai waktu penyerahan dokumen dukungan, Rabu (19/2) dimulai jam 08.00-16.00 WIT. Sedangkan pada hari terakhir, 23 Februari, waktunya dibuka jam 08.00 hingga 24.00 WIT.

“Bila sudah lengkap dengan persyaratannya, berarti bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, verifikasi administrasi hingga nantinya diplenokan KPU untuk ditetapkan sebagai bakal calon yang memenuhi syarat atau tidak.”

KPU setempat mengaku telah intens melakukan penyebaran informasi dan sosialisasi terkait Silon. Dengan begitu, diharapkan masyarakat mendapatkan pemahaman serta informasi yang baik dan optimal. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri