Kembali, Banjir Rob Melanda 11 Kampung di Waan, Warga Butuh Bantuan

Banjir rob 1

Metro Merauke – Bajir rob kembali terjadi dan melanda 11 kampung di Distrik Waan, Merauke, Papua, Rabu (12/2).

Sejumlah kampung yang terdampak banjir rob diantaranya Kampung Kladar, Tor, Sabon, Konorau, Sibenda hingga Wetau. Banjir rob Rabu pagi, jam 09.30 WIT-13.00 WIt, dengan ketinggian air mencapai 80 cm.

Peristiwa adanya banjir rob ini disampaikan langsung Kepala Distrik Waan, Efraim Esebius Kaize lewat video pendek berdurasi 02.44 menit.

Dalam video yang telah banyak beredar di media sosial, Kepala Distrik didampingi Bimas Polisi dan Babinsa, secara tegas meminta Pemkab Merauke segera mengirim bantuan bahan makanan untuk masyarakat setempat.

“Akibat banjir rob, pemukiman warga terendam, termasuk juga tanaman menjadi layu dan rusak. Mengantisipasi kekurangan bahan pangan, kami mohon bupati membantu beras untuk masyarakat di 11 kampung,” ucapnya.

Musibah banjir rob yang terjadi di Waan bukan untuk pertama kali. Meski tak ada korban jiwa, kata Kepala Distrik Waan, pada kondisi yang demikian, warganya akan kesulitan dalam mencukupi kebutuhan pangan.

“Butuh waktu 1 bulan untuk pemulihan tanaman masyarakat dapat normal kembali. Sehingga pada masa itu, masyarakat akan kekurangan bahan makanan untuk kebutuhan hidup,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi terkait musibah banjir rob di Distrik Waan, Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, Pemkab akan segera bergerak mengirimkan bantuan yang menjadi prioritas bagi masyarakat, baik kebutuhan pangan maupun penanganan masalah kesehatan pasca banjir.

“Kami sudah mendapat laporan dari kepala distrik setempat terkait musibah banjir rob. Dan Kamis besok akan melakukan koordinasi bersama bupati dan dinas terkait untuk segera bergerak melakukan penanganan dan secepatnya mengirim bantuan ke Distrik Waan,” tukasnya. (Nuryani)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan