Mantapkan Gelaran Pilkada 2020, KPU Merauke Timba Ilmu di Manado

ilustrasi kotak atau surat suara pemilu

Metro Merauke – Jelang penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2020, KPU Merauke baru-baru ini melakukan studi banding ke KPU Manado, Sulawesi Utara.

Rombongan KPU Merauke dipimpin Ketua, Theresia Mahuze didampingi Sekretarisnya, Marcelus Edy Riyanto.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze mengungkapkan, dipilihnya KPU Manado sebagai tempat studi banding bukan tanpa alasan. Pasalnya, kunjungan tersebut tidak lain untuk menimba ilmu terkait pelaksanaan Pemilu.

Terlebih, diketahui Sulawesi Utara telah mendapatkan penghargaan dari KPU RI dalam hal pendistribusian logistik Pemilu 2019 dilakukan dengan baik dan tepat waktu.

“Sulawesi Utara juga sebagai penyelenggara Pemilu 2019, Pileg dan Pilpres terbaik untuk wilayah timur Indonesia,” ujar Ketua KPU, Theresia Mahuze kepada Metro Merauke, Kamis (30/1).

Dengan capaian keberhasilan tersebut, lanjutnya, KPU Merauke merasa perlu untuk mengadopsi berbagai hal dari KPU Manado, yang nantinya dapat pula diterapkan untuk meningkatkan pemantapan pada gelaran Pemilukada 2020 di Kabupaten Merauke.

Dijelaskannya, studi banding kali ini merupakan agenda dari KPU Provinsi Papua. Meskipun tidak bersifat wajib, namun KPU Merauke memandang perlu untuk turut langsung dalam kegiatan tersebut.

Mengingat, kata Theresia Mahuze, terdapat banyak hal yang dapat dipelajari dan diadopsi dari keberhasilan penyelenggaraan Pemilu di Manado guna meningkatkan pelaksanaan Pilkada mendatang. Semisal dalam peningkatan partisipasi pemilih maupun hal-hal lainnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan