Polres Jayapura Kota Tangkap Pemuda Pembawa Ratusan Paket Ganja

Metro Merauke – Satuan Narkoba Polresta Jayapura Kota menangkap seorang pemuda berusia 21 tahun berinisial MB lantaran membawa 110 paket ganja kering siap edar dengan berat 3,2 kilogram.

Penangkapan dilakukan polisi di Pelabuhan Jayapura pada 3 Januari 2020.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas mengatakan remaja yang kini berstatus tersangka tersebut ditangkap saat akan menumpang kapal motor (KM) Dabonsolo rute Jayapura-Sorong, Papua Barat.

Polisi menyatakan ganja tersebut berasal dari negara tetangga, Papua Nugini atau PNG dan akan dibawa ke Sorong untuk diedarkan. Diperkirakan nilai jual ganja tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

“Setiap paket ganja jika dipasarkan seharga Rp 1 juta. Kalau dipasarkan di Sorong, bisa lebih mahal lagi,” kata AKBP Gustav Urbinas, Selasa (07/01).

Menurutnya, peran MB dalam kasus tersebut hanya sebagai kurir. Sementara itu, terduga pemilik ratusan paket ganja yang berada di Sorong berinisial HM.

Tersangka MB disuruh mengambil paket ganja tersebut dengan semua biaya transportasi ditanggung HM.

“MB tiba di Jayapura pada 1 Januari menggunakan pesawat dan rencananya kembali (ke Sorong) membawa ganja itu menggunakan kapal laut,” ujarnya.

Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota, Inspektur Satu atau Iptu Zulkifli Sinaga mengatakan, dari hasil interogasi sementara, tersangka mengaku mendapat paket ganja tersebut dari seseorang di Jayapura berinisial BB, yang merupakan warga PNG. Akan tetapi MH menerima paket ganja dari BB melalui perantara.

“Kami sudah mengantongi identitas. Untuk mengambil paket ganja di Jayapura, MB ini dijanjikan oleh HM akan dibayar Rp 2 juta,” kata Zulkifli Sinaga.

Polisi menjerat tersangka MB  pasal 111 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun penjara. (Arjuna/Redaksi)

 

1 Komentar

Tinggalkan Balasan