Dua Ratus Bibit Pohon Ditanam di Pegunungan Cycloop

Metro Merauke – Sebanyak 200 berbagai jenis bibit pohon di tanam di Kampung Toladan, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Papua yang merupakan wilayah kaki pegunungan Cycloop.

Penanaman ratusan pohon itu dilakukan oleh anggota Polsek Sentani Kota bersama komunitas pemuda pecinta lingkungan dan masyarakat, Selasa (07/01).

Kapolsek Sentani Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lintong Simanjuntak mengatakan bibit pohon yang ditanam di antaranya pohon johar, pohon matoa, pohon durian, pohon lingua, pohon kayu merbau, pohon mahoni dan pohon kelapa.

“Pohon-pohin ini memiliki berbagai fungsi di antaranya sebagai penahan tanah, menyerap atau menyimpan air, penyangga ekosistem dan mencegah terjadinya tanah longsor,” kata Lintong Simanjuntak.

Menurutnya, penanaman pohon itu merupakan implementasi dari program Kapolri yakni Polri peduli penghijauan.

Diharapkan, dengan kegiatan seperti itu dapat tercipta lingkungan hijau, sejuk dan mencegah terjadinya bencana alam.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak pemuda peduli lingkungan hidup untuk menjaga bibit pohon yang telah ditanam di area kaki pegunungan Cycloop, agar tidak dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan