Rintis Peningkatan Ekonomi, Legislator Ajak Warga Kampung Wasur Tanam Pisang

Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L Hamzah saat diwawancarai

Metro Merauke – Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L Hamzah mengatakan, perlu adanya inovasi untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat di tingkat kampung, salah satunya di Kampung Wasur, Distrik Merauke, Papua.

Salah satu caranya, dengan membangun kemandirian ekonomi kreatif lewat pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

Sulaeman menyebut, gerakan menanam pisang di Kampung Wasur menjadi alternatif, untuk peningkatan ekonomi masyarakat disamping ada yang bergerak mengolah sawah maupun penyulingan minyak kayu putih yang juga mulai digeluti warga setempat.

“Kenapa menanam pisang, karena perawatannya mudah, waktu panen cepat dan peluang pasar cukup besar,” ujarnya kepada wartawan, Senin (23/12).

Dijelaskan, untuk di Kampung Wasur sendiri diketahui masih banyak lahan kosong milik warga yang belum ditanami. Padahal, lanjutnya, ini memiliki potensi ekonomi jika dapat dimanfaatkan dengam baik.

Kepala Kampung Wasur, Thobias Gebze sangat mendukung gagasan dari legislator untuk menggiatkan dan memfasilitasi warga menanam pisang.

Katanya, saat sekarang ini, seiring tingkat kebutuhan, menuntut warga lebih giat dalam peningkatkan ekonomi keluarga dan tak sekedar bergantung pada alam, semisal mencari kayu bakar.

“Ada warga Kampung Wasur yang bercocok tanam dengan membuka sawah dan menyuling minyak kayu putih,” katanya.

Dengan progam menanam pisang yang ditawarkan pemerintah, kata Thobias Gebze, menjadi pilihan yang baik dan perlu didukung masyarakat untuk giat menanam demi kemajuan perekonomian masyarakat kampung. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan