Oknum Aparat Lantamal X1 Merauke Diduga Lakukan Pemerasan, Puluhan Nelayan Demonstrasi

Para nelayan saat melakukan aksi demonstrasi | LKF

Metro Merauke – Rupanya para nelayan sudah tidak dapat menahan kesabaran. Karena aksi dugaan pemerasaan dengan meminta-minta barang berupa rokok, supermie dan air vit kemasan masih terus dilakukan sejumlah oknum aparat Lantamal XI Merauke.

Merekapun akhirnya turun jalan dengan melakukan aksi demonstrasi di Kantor Pelabuhan Perikanan Merauke.

Dari pantauan Metro Merauke Jumat (20/12), puluhan nelayan itu datang dan berdiri di depan kantor pelabuhan perikanan, sekaligus menyampaikan keluhannya.

Salah seorang nelayan, Risal mengatakan, modus yang dilakukan oknum aparat Lantamal XI sudah berlangsung lama. Dimana ketika nelayan hendak turun melakukan aktivitas mencari uang dengan kapal, pasti oknum anggota Lantamal yang berjumlah 2-3 orang meminta barang-barang.

“Biasanya mereka meminta rokok 1 slof, supermie 1 dos dan air vit satu dos. Sebenarnya kami tolak memberikan. Namun karena mereka anggota sehingga dengan berat hati diberikan saja,” ujarnya.

Kebiasaan tersebut, menurut dia, bukan hanya satu atau dua kali dilakukan. Tetapi berulang kali. Dimana kalau ada kapal-kapal akan melaut, mereka pasti datang meminta barang.

Oleh karena seperti jadi kebiasaan, para nelayan bersepakat melakukan aksi turun jalan. Sekaligus menyampaikan kepada umum termasuk atasan mereka agar diambil tindakan tegas.

“Kami ini masyarakat kecil yang hendak melaut mencari sesuap nasi. Tapi kenapa barang-barang yang akan dibawa, harus diminta oknum aparat itu,” ujarnya.

Asintel Danlantamal XI Merauke, Kolonel Laut (P) Andohar yang hendak diwawancara sejumlah wartawan usai berdialog bersama nelayan menolak memberikan keterangan.

“Saya tidak mempunyai hak bicara. Rekan-rekan jurnalis langsung konfirmasi ke Danlantamal XI Merauke,” saran dia. (LKF)

Tinggalkan Balasan