Hari Ini, Pimpinan Definitif DPR Papua Dilantik

Metro Merauke – Pimpinan definitif DPR Papua dijadwalkan dilantik pada Selasa malam (17/12). Pimpinan sementara DPR Papua kini, Jhony Banua Rouw yang diberi mandat mengemban tugas memimpin lembaga dewan periode 2019-2024.

Jhony Banua Rouw mengatakan dalam rapat bersama fraksi-fraksi dewan pada 13 Desember lalu, diputuskan pelantikan definitif digelar pada Senin (16/12) jam 19.00 WIT. Akan tetapi karena mempertimbangkan beberapa hal, pihaknya menyepakati pelantikan diundur sehari.

“Hasil rapat kami tadi bersama fraksi-fraksi dewan disepakati pelantikan dilaksanakan Selasa malam. Dari delapan fraksi dewan, enam menyatakan menyetujui pelantikan. Dua fraksi lainnya tidak memberikan tanggapan,” Kata Jhony Banua Rouw usai rapat.

Menurutnya, hak fraksi lain tidak memberikan tanggapan dalam rapat penentuan jadwal pelantikan pimpinan definitif DPR Papua. Itu merupakan bagian dari berdemokrasi. Akan tetapi apa yang diputuskan suara mayoritas dalam rapat tersebut mesti dihargai.

Katanya, jika ada yang beranggapan pelantikan bertentangan dengan aturan, tidak mungkin Menteri Dalam Negeri menyetuju dan menerbitkan Surat Keputusan (SK) pelantikan.

“Itu indikatornya. Tinggal bagaimana kita memahaminya,” ucapnya.

Ia mengimbau semua pimpinan fraksi dan anggota DPR Papua hadir dalam pelantikan pimpinan definitif. Setelah pelantikan, DPR Papua akan membahasa berbagai agenda kerja. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan