Pemekaran Papua Selatan Dibahas Ditingkat Pusat

Metro Merauke – Rencana pembentukan DOB di selatan Papua terus bergulir. Saat ini, Asosiasi para Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD selatan Papua, melakukan audensi bersama Komisi II DPR RI, Senayan, Jakarta untuk menindaklanjuti pembahasan rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan.

Hadir langsung Bupati Merauke-Frederikus Gebze, Bupati Asmat-Elisa Kambu, Bupati Boven Digoel-Benediktus Tambonop, dan Wakil Bupati Mappi, H. Jaya Ibnu Su’ud serta Ketua DPRD 4 kabupaten.

Audensi dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Arif Wibowo, Rabu (11/12).

Foto Istimewa

Ketua DPRD Merauke, Benjamin Latumahina kepada wartawan mengatakan, Komisi II DPR RI merespon positif usulan pemekaran Provinsi Papua Selatan dan akan didorong pembentukannya.

Bahkan, katanya, dari puluhan daerah usulan DOB yang masuk, PPS dan Papua Tengah disebut masuk dalam agenda surprise. “Kesimpulannya, kalau ada pemekaran tahun 2020 atau 2021 yang utama adalah PPS,” ucapnya via telepon.

Mengenai pesyaratan, katanya, masih merujuk pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2014. Salah satunya persyaratan administrasi yang menyangkut wilayah.

“Yang perlu diselesaikan sekarang, menyangkut persyaratan dasar kewilayahan, memang ada beberapa hal yang belum sempurna dan perlu diselesaikan. Ini menyangkut batasan wilayah, sehingga harus diselesaikan untuk memenuhi persyaratan dasar kewilayahan,” katanya.

Menurutnya, pemekaran wilayah di selatan Papua menjadi prioritas dibahas ditingkat pusat, dengan melihat berbagai aspek, termasuk untuk mendorong percepatan pembangunan wilayah.

Sehingga, lanjut Ketua DPRD Merauke, usulan pemekaran diharapkan dapat segera terealisasi. “Hampir seluruhnya merespon permohonan pemekaran Papua Selatan yang diketahui sudah sekian lama diperjuangkan. Wilayah Papua sangat luas, perlu didorong percepatan pembangunannya,” tukasnya.

Sebagai tindak lanjut, Kamis (12/12) tim telah mengagendakan melakukan pertemuan bersama Ditjen Otonomi Daerah di Kemendagri. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan