Tokoh Adat Desak Pelantikan Ketua DPR Papua 

Metro Merauke  – Salah satu tokoh adat Papua, Ramses Ohee mendesak lembaga DPR Papua dan para pihak terkait segera melantik pimpinan DPR Papua definitif periode 2019-2024.

Pernyataan itu dikatakan Ondoafi atau kepala suku Waena Kampung, Distrik Heram, Kota Jayapura tersebut usai bersama beberapa anggota DPR Papua dari 14 kursi pengangkatan yang dimisioner, bertemu ketua sementara DPR Papua, Jhony Banua Rouw di kantor DPR Papua, Senin (25/11/2019).

“Sebagai orang tua dan pemangku adat di Provinsi Papua, saya sampaikan dalam waktu dekat mesti ada pelantikan ketua DPR Papua,” kata Ramses Ohee.

Menurutnya, pelantikan pimpinan definitif DPR Papua tidak boleh ditunda-tunda atau dihalangi oleh siapa pun karena rakyat Papua kini menunggu pelayanan dari lembaga DPR Papua.

Katanya, Partai NasDem yang memperoleh suara terbanyak di DPR Papua telah mengajukan kadernya sebagai calon ketua Parlemen Papua periode 2019-2024. Calon yang diajukan tersebut adalah Jhony Banua Rouw, yang juga menjabat pimpinan sementara DPR Papua.

“Rakyat Papua mesti mendukung calon ketua yang diusulkan hingga masa jabatannya berakhir, karena itu sudah sesuai aturan Undang-Undang,” ujarnya.

Ramses Ohee berpesan kepada Jhony Banua Rouw agar nantinya dapat mendorong proses seleksi dan pelantikan 14 anggota DPR Papua dari mekanisme pengangkatan, perwakilan dari lima wilayah adat.

“Itu adalah hak konstitusi orang asli Papua yang melekat. Mesti ada kursi adat di lembaga ini. Kehadiran anggota DPR Papua yang diangkat, akan melengkapi lembaga DPR Papua karena itu merupakan amanat Undang-Undang Otsus Papua,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan