Bupati Boven Digoel Dukung Pemekaran PPS

Papua Selatan | Google

Metro Merauke – Bupati Boven Digoel, Papua, Benediktus Tambonop menyatakan, pemerintah dan masyarakat Boven Digoel mendukung rencana pembentukan Provinsi Papua Selatan.

Bupati juga mengungkapkan alasannya memberikan dukungan pemekaran PPS yang sudah lama diperjuangkan itu, demi kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan yang lebih efektif dan efesien dilakukan lewat pemekaran.

Sebagai bentuk dukungan, Pemkab setempat siap menggelontorkan anggaran guna membantu kelancaran proses pemekaran.

“Kita lihat seberapa besar yang dibutuhkan untuk pembentukan PPS dan kita siapkan anggaran sesuai kemampuan. Pasti juga ada shering anggaran dari masing-masing kabupaten,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (22/11).

Rencana pemekaran Provinsi Papua Selatan kembali mengemuka setelah adanya lampu hijau dari pemerintah pusat terkait pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Papua.

Diakui Benediktus Tambonop, terkait usulan PPS masih terjadi pro-kontra di tengah masyarakat. Hal tersebut dinilai biasa dan bukan menjadi kendala. Melainkan menjadi tugas pemimpin hingga di tingkat kampung untuk dapat mensosialisasikan maupun memberikan pemahaman secara baik.

“Yang pasti, proteksi untuk orang Papua harus dilakukan dalam pengembangan wilayah selatan Papua.”

“PPS sudah diperjuangan sekian lama. Sekarang mendapatkan titik terang dan perlu disambut agar kehadiran provinsi yang sudah lama dinanti itu dapat terwujud,” timpalnya.

Yang tak kalah penting, lanjutnya, dalam penentuan ibu kota Provinsi Papua Selatan, nantinya butuh dilakukan perencanaan bersama. Tujuannya, dalam penempatan tempat benar-benar tepat dan dibangun dengan perencanaan modern agar bisa melayani seluruh daerah secara merata dan berimbang. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan