Juara Lomba Paduan Suara Remaja, Kabupaten Mappi Wakili Papua pada Pesparani Nasional

Metro Merauke – Kabupaten Mappi menjuarai lomba paduan suara kategori remaja dalam ajang pesta paduan suara gerejani (Pesparani) I Katolik tingkat Provinsi Papua, yang berlangsung di Kota Jayapura, 14-18 November.

Kabupaten Mappi keluar sebagai juara dengan perolehan nilai 85,20 dan mendapatkan satu gold. Posisi kedua ditempati Kota Jayapura dengan nilai 82 serta mendapatkan dua gold, dan Kabupaten Merauke berada pada peringkat ketiga dengan 80,91 poin dan mendapatkan tiga gold.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik  (LP3K) Kabupaten Mappi, Vincentius Jamlean berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga para remaja kabupaten Mappi dapat meraih juara meski hanya memiliki waktu dua bulan berlatih secara rutin.

“Paduan suara remaja kali ini 100 persen adalah remaja dari Suku Yakai di Kabupaten Mappi. Usia mereka 12-17 tahun. Kemenangan membuat Kabupaten Mappi mewakili Papua pada lomba Pesparani Nasional pada 2020 di Kupang,” kata Vincentius, Jumat (15/11).

Pelatih paduan suara remaja Kabupaten Mappi, Yuliana Da Costa Yaimu mengatakan prestasi tersebut seperti sesuai yang diharapkan.

“Kelompok pasuan suara remaja ini telah tergabung dalam satu Paroki Hati Kudus Mappi, dan sudah menyatu antara satu sama lain,” kata Yuliana.

Selain itu menurutnya, kelompok paduan suara remaja Kabupaten Mappi tersebut sering tampil di gereja, pada acara pemerintahan dan instansi lainnya.

“Dengan seringnya anak-anak tampil di luar acara gereja, itu memupuk keberanian dan percaya diri mereka. Terlebih kami selalu rutin latihan, sepakan dua kali,” ujarnya.

Kelompok paduan suara Mappi tidak berlatih hanya saat akan ada perlombaan. Akan tetapi latihan rutin dilakukan tanpa tunggu adanya lomba.

“Kami sudah terbentuk dan tak sulit untuk menyesuaikan,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi, Yohanes Kristotumus Wendik berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sepenuhnya mendukung peserta Pesparani dari Mappi, sehingga dapat hadir di Kota Jayapura mengikuti Pesparani I tingkat Provinsi Papua.

Katanya, paduan suara remaja Kabupaten Mappi telah maksimal, dan bersyukur karena pertama perlombaan, Kabupaten Mappi telah mendapatkan juara untuk kategori gregorian remaja.

“Kabupaten Mappi mengikuti sembilan dari 13 kategori lomba,” kata Yohanes.

Koordinator Lomba Pesparani I Katolik tingkat Provinsi Papua, Pastor Konstatinus Bahang menyatakan, dengan memenangkan lomba paduan suara kategori remaja, maka Kabupaten Mappi akan mewakili Papua pada Pesparani nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 2020.

“Sesuai pertimbangan dan kesepakatan awal, siapa yang diumumkan menang akan mewakili Papua pada Pesparani tingkat nasional,” ujar Pastor Konstatinus Bahang.

Perlombaan Pesparani I difokuskan pada empat lokasi yakin LPMP Kotaraja, STFT fajar Timur, Gereja Kristus Terang Dunia Waena dan Aula GKI PNIEL Kotaraja. Kategori lomba yakni, paduan suara, bertutur kitab suci, cerdas cermat rohani dan bermazmur.

”Siang ini sudah diumumkan dua kategori lomba yakni bertutur kitab suci anak dan paduan suara gregorian remaja. Sore nanti perlombaan akan dimulai kembali pukul 15.00 WIT,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan