KPU Merauke Sosialisasikan Mekanisme Calon Perseorangan

Pelaksanaan sosialisasi mekanisme pencalonan Bupati-Wakil Bupati Pilkada 2020

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Papua melaksanakan sosialisasi mekanisme pencalonan Bupati-Wakil Bupati Pilkada 2020 dari jalur perseorangan, Kamis (31/10).

Sosialisasi tersebut sebagai tindak lanjut, setelah sebelumnya KPU setempat telah melakukan pleno penetapan syarat jumlah dukungan minimum dan persebaran bagi pasangan calon perseorangan atau independen.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze menjelaskan, sesuai jadwal, penyerahan dokumen  dukungan bagi calon perseorangan mulai dibuka 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020.

“Sehingga, yang mau maju dalam Pilkada lewat jalur independen, bisa siapkan dokumen dukungan yang akan diserahkan ke KPU. Yaitu terdiri dari surat penyataan dukungan atau B1-KWK, KTP Elektronik dan rekapitulasi,” terangnya.

Dalam hal penyerahan dokumen dimaksud, Ketua KPU meminta agar diperhatikan dengan baik. Nantinya, berkas dokumen dukungan yang masuk ke KPU akan dilakukan verifikasi.

“Jangan sampai diserahkan pada hari terakhir jadwal penyerahan dokumen, karena sudah tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki lagi. Memang ada waktu untuk perbaikan bagi calon yang syaratnya belum lengkap, waktunya selama masa penyerahan dokumen, 11 Desember 2019-5 Maret 2020,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk syarat dukungan calon bupati/wakil bupati dari jalur perseorangan pada Pilkada 2020 di Merauke, yakni harus mengantongi dukungan sebanyak 14.583 penduduk dengan persebarannya minimal di 11 distrik.

“Sesuai PKPU, dukungan harus gunakan format yang baru B1-KWK. Yang mana, KTP Elektronik pendukung harus ditempel pada formulir. Formulirnya disediakan dari KPU,” pungkasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan