Menuju Propinsi Papua Selatan, Mantapkan Segera SDM OAP!

Metro Merauke – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Merauke, Papua, Jerry Omona mengusulkan Pemerintah Daerah di Selatan Papua, agar segera mempercepat pembangunan sumber daya manusia menjemput pemekaran Propinsi Papua Selatan.

Selain infrastruktur, ekonomi kerakyatan, sosial budaya, dan lainnya, bidang pendidikan mempunyai peran teramat penting meningkatkan SDM Papua hebat. “Saya kira ini sudah disadari oleh pemerintah di Selatan Papua, tinggal memantapkannya saja,” kata Jerry Omona kepada Metro Merauke, Selasa (29/10).

Menurut dia, membangun SDM orang Papua, dapat melalui pendidikan formal atau dengan menyelenggarakan training, termasuk metode lain yang setidaknya mampu menciptakan OAP meraih prestasi terbaik.

“Dari dulu, pemerintah mengklaim, terus membentuk OAP, tapi nyatanya, masih saja kurang. Salahnya dimana, apakah salah pemerintah, OAP sendiri atau mungkin karena sebab lain,” paparnya.

Ia menyarankan didirikan sebuah unit percepatan pembangunan bidang pendidikan Papua. “Kalau dirasa bahwa semua program pemerintah, penyelenggaraan lembaga pendidikan dan alternatif menuntaskan masalah pendidikan sudah lengkap, mestinya, kita tidak lagi dililit problem pendidikan, tapi sepertinya belum tuntas tuntas juga,” tuturnya.

Menurut dia, agak telat memulai memajukan sumber daya manusia Papua unggul jelang pemekaran. “Tapi tidak ada kata terlambat, yang penting, niat pemerintah tulus, pro OAP, saya kira pasti berhasil.”

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan satu dari dua provinsi baru di Papua akan dinamai Papua Selatan. Hal itu ia sampaikan usai berkunjung ke Papua mendampingi Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu.

Seperti dirilis CNN Indonesia, Tito mengatakan dirinya sudah bertemu Bupati Merauke Frederikus Gebze saat berkunjung ke Papua untuk membahas mengenai pemekaran baru untuk Papua Selatan.

Tito menerangkan Papua Selatan bakal mengambil sebagian daerah Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Merauke. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan