Dinkes Didesak Rampungkan Kompensasi Tanah Ulayat 4 Marga

Didampingi Kuasa Hukum, masyarakat dari 4 marga di Merauke melakukan pemasangan sasi di  Dinas Kesehatan setempat

Metro Merauke – Masyarakat 4 marga di Merauke, masing-masing Mahuze, Gebze, Balagaize dan Basik-Basik mendesak Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk segera merealisasikan pembayaran tanah tahap II yang dijanjikan diselesaikan tahun 2018 lalu.

Aksi damai dilakukan masyarakat yang mengklaim sebagai pemilik ulayat dengan memasang sasi di pintu masuk kantor tersebut, Jumat siang (25/10).

Kuasa Hukum, Petrus Wekan memastikan, pemasangan sasi tidak sampai menghambat aktifitas pelayanan kantor.

Katanya, aksi kali ini merupakan bentuk protes masyarakat, dengan harapan Dinkes segera merampungkan pembayaran atas penggunaan tanah yang dimanfaatkan instansi tersebut seluas sekitar 40 hektar.

“Tahap awal 2017, telah dibayarkan setengah dari tuntutan Rp30 Miliar, jadi yang dibayar saat itu Rp 15 Miliar. Dan setengahnya dijanjikan dibayarkan 2018. Tapi sampai sekarang belum direalisasikan sisanya,” ujar Wekan kepada wartawan, Jumat (25/10).

Dengan adanya pemasangan sasi, katanya, sebagai bentuk ketegasan masyarakat, dengan harapan pemerintah dapat segera merespon dan memberikan kepastian penyelesaian kompensasi penggunaan tanah ulayat tersebut. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan