Resmi Dilantik, DPRD Merauke Segera Bentuk AKD

Prosesi pengambilan sumpah dan janji Anggota DPRD Merauke periode 2019-2024

Metro Merauke – Sebanyak 30 anggota DPRD Merauke, Papua hasil Pemilu 2019 telah resmi dilantik hari ini, Senin (21/10) di gedung DPRD setempat oleh Ketua Pengadilan Negeri, Orpa Marthina.

Seluruhnya akan menjalankan tugas untuk periode 2019 – 2024. Ke 30 anggota DPRD masing-masing 5 orang dari Partai NasDem, 5 orang Partai Kebangkitan Bangsa, 4 orang Partai Golkar, 4 orang PKS, 4 orang PDI Perjuangan, 3 orang dari  Partai Gerindra, 2 orang Partai Hanura, 2 orang PPP dan 1 orang dari Partai Demokrat.

Usai pelantikan, Benjamin I Latumahina dari Partai NasDem, didaulat menjadi pimpinan DPRD sementara bersama Hj Al Marotus Solikah dari Partai Kebangkitan Bangsa sebagai wakilnya.

Pimpinan DPRD sementara, Benjamin Latumahina mengatakan, saat ini yang prioritas dilakukan adalah membentuk terlebih dahulu alat kelengkapan dewan (AKD) meliputi badan musyawarah, komisi, badan legislasi daerah, badan anggaran dan badan lain yang diperlukan untuk rapat paripurna.

“Ada beberapa agenda yang menjadi PR dan prioritas ditindaklanjuti,” ujarnya kepada wartawan usai pelantikan, Senin (21/10).

Ia menilai, seluruh anggota DPRD yang baru dilantik ini lebih gesit. Dengan begitu diharapkan nantinya mampu menyelesaikan tugas lima tahunan dapat dijalankan dengan lancar dan tuntas.

Ketika disinggung akan mekanisme pimpinan defenitif, Latumahina menjelaskan, “Untuk pimpinan DPR defenitif menjadi tugas pimpinan sementara. Tahap awal perlu dibentuk alat kelengkapan dewan diparipurnakan. Berdasarkan itu lalu diusulkan kepada Gubernur melalui Bupati sehingga Gubernur mengeluarkan SK pimpinan defenitif,” pungkasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan