Apa Resep Melatih Persipura, Wanderley: Enjoy!
Olahraga

Apa Resep Melatih Persipura, Wanderley: Enjoy!

Pelatih Persipura Jayapura Wanderley Machado Da Silva Junior. | Foto: KabarPapua.co/Lazore

Sebagai pelatih Persipura Jayapura yang baru menggantikan Liestiadi karena mengundurkan diri, Wanderley Machado Da Silva Junior jelas harus bisa membangkitkan kembali keterpurukan anak-anak Mutiara Hitam.

Laga perdananya bersama Persipura jelas tugas berat. Sebab target menang dan mengamankan tiga poin dikandang menghadapi Mitra Kukar adalah harga mati yang tak bisa ditawar. Namun juru taktik sarat pengalaman asal Brasil ini telah membuktikannya.

Bersama Boaz Salossa dan rekan-rekannya, mereka membantai Mitra Kukar FC dengan skor telak 6-0 pada pekan ke-12 Liga 1 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Senin petang, 3 Juli. Resepnya? “Enjoy!” kata Wanderley Machado Da Silva Junior singkat.

Enjoy atau menikmati ini dibenarkan Prisca Elisa Womsiwor, salah satu pemain muda Persipura yang berhasil hattrick saat membantai Mitra Kukar 6-0. “Pelatih titip pesan ke kami, bermain sepakbola itu enjoy santai saja. Jangan dibawa tegang, supaya main bola dinikmati,” jelasnya.

Prisca yang mengaku tiga gol yang didapat saat laga menghadapai Mitra Kukar ini dipersembahkan kepada kedua orang tuanya itu merasa senang dengan apa yang diterapkan pelatih Wanderley. “Dengan enjoy, makanya pertandingan tadi, kami nikmati enjoy, hasilnya positif di lapangan,” katanya.

Wanderley tak mau jumawa. Hasil yang dicapai dalam laga perdanya bersama Persipura kali ini hanya rasa syukur yang terucap saat ditanya. “Terimakasih Tuhan memberi kami kemenangan besar hari ini dan juga telah memberi kekuatan kepada para pemain. Sehingga mereka bisa melakukan tugasnya dengan sempurna,” jelasnya.

Menurut Wanderley, laga menghadapi Mitra Kukar ini berjalan sesuai latihan. “Kami minta pemain konsentrasi setelah kembali liburan. Pemain 100 persen tak ada masalah dan melakukan tugas dengan baik. Sehingga kami bisa menang gol cukup banyak. Saya sangat senang debut ini memang luar biasa,” terangnya.

Wanderley juga mengatakan, jika melihat gol-gol yang tercipta saat hadapi Mitra Kukar sama seperti latihan telah diterapkan. “Kalau nonton latihan kami, bisa lihat sama seperti itu. Kami tahu beberapa tim datang ke sini, untuk bertahan. Jadi kami minta mereka pasing dan selalu ada kecepatan dari belakang pemain kami,” katanya.

Sebenarnya, kata Wanderley, semua sudah paham bagaimana anak-anak Papua bermain sepakbola. “Mereka memiliki kecepatan. Makanya kami perlu pancing ada kecepatan dari belakang. Sehingga beberapa peluang kami bisa masuk. Kami juga bisa beda, yakni bisa main cantik dan mengefektifkan serangan seperti yang dilakukan hari ini mengadapi Mitra Kukar,” jelasnya.

Menurut Wanderley, melatih pemain Persipura semua dalam program. Bahkan kata Wanderley, semua pemain bisa kami mainkan, cuma harus waspada dengan pemain yang telah dapat kartu kuning.

“Kami pasang mereka untuk bisa enjoy. Kami tak pikir soal fisik mereka menurun atau tak menurun. Kami sudah bikin suasana keluarga dan semua mengerti apa yang kita mau. Kami punya tujuan ke depan,” kata Wanderley. (***Lazore)

Sumber: Kabarpapua

 

Post Comment