081344567070 metromerauke@gmail.com

Dua Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif, Enam PDP Dipulangkan dari RSUD Merauke

Sekretaris Dinkes Merauke, dr. Nevil Muskita (kanan) berikan keterangan pers yang dihadiri Bupati Merauke, Frederikus Gebze (tengah)  serta Kapolres AKBP Agustinus Ary P (kiri) | Jubi/Frans L Kobun

Metro Merauke – Dua pasien positif covid-19, telah dinyatakan negatif. Bgitu juga enam pasien dalam pengawasan (PDP) yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke negatif dan hari ini juga dipulangkan ke rumahnya.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita saat jumpa pers di posko satgas covid-19 Selasa (31/3). Hadir dalam jumpa pers, Bupati Merauke, Frederikus Gebze serta Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agustinus Ary P.

“Perlu saya sampaikan bahwa untuk pasien satu dan dua yang positif covid-19, setelah dilakukan pengobatan dan sampel darah  diambil sekaligus dikirim ke Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jakarta melalui Boeing Auri beberapa waktu lalu, hasil konfirmasi terakhir dinyatakan negatif,” ujarnya.

Dikatakan, sampel keduanya dikirim lagi kemarin melalui Hercules ke Labkes dan jika hasilnya negatif,  mereka dinyatakan sembuh total dan bisa dipulangkan ke rumah-masing.

Kemudian, lanjut Nevil, pasien dalam pengawasan (PDP) 4,5,6,7,8 dan 9. Dari hasil pemeriksaan laboratorium pertama negatif. Lalu dikirim lagi sampel untuk kedua kalinya ke Labkes di Jakarta dan sesuai notofikasi yang diterima juga negatif, sehingga dinyatakan sembuh.

Khusus pasien 5, jelas dia, masih tetap dirawat, lantaran trombositnya rendah. Namun sudah tidak diruang isolasi, tetapi dipindahkan ke ruangan lain.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP), jumlah kemarin 85 dan terdapat tambahan 10. Sehingga jumlahnya menjadi 95. “Namun kita terus melakukan pemantauan 14 hari. Dari yang dipantau itu, 14 dinyatakan sehat. Sehingga hari ini juga dikeluarkan dari daftar ODP 14 orang, jadi tersisa 81 orang,” ujarnya.

“Memang ada tambahan satu PDP laki-laki usia 28 tahun yang masuk semalam di rumah sakit dan sedang menjalani perawatan. Jadi, kalau hari ini dipulangkan lima orang, maka tersisa tujuh PDP yang masih dirawat di RSUD Merauke,” ungkapnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam kesempatan itu meminta kepada para jurnalis agar menyajikan informasi yang sesuai dengan data sesungguhnya. Lalu setiap kata maupun kalimat yang ditulis, agar dapat dimengerti masyarakat.

“Kita berikan apresiasi kepada tenaga medis di RSUD Merauke yang telah melaksanakan dan atau  menjalankan tugas dengan baik untuk merawat pasien baik positif maupun PDP hingga negatif dan sembuh,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD