081344567070 metromerauke@gmail.com

Relawan Covid-19 Merauke Dibentuk, Adi Muslimin: Kami Ingin Lakukan Gerakan Nyata

Penggagas relawan Covid-19 Merauke, Josephin Iriani (kiri), Stevanus Osok (tengah) dan Adi Muslimin (kanan) | IST

Metro Merauke – Relawan Covid-19 Kabupaten Merauke dibentuk yang digagasi tiga orang diantaranya  dokter Stevanus Osok, Josephin Iriani serta Adi Muslimin.

Munculnya ide membentuk relawan Covid-19, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke menetapkan status kejadian luar biasa (KLB), pasca dua orang positif corona dan empat lain pasien dalam pengawasan (PDP) yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

“Kami melihat KLB telah ditetapkan. Hanya saja, perlakuannya bukan luar biasa, tetapi biasa biasa. Jadi kami ingin membantu Pemkab Merauke serta gugus tugas Covid-19  agar kita perlakukan KLB dengan perbuatan aksi luar biasa,” ujar salah seorang penggagas relawan Covid-19, Adi Muslimin yang dihubungi melalui telpon selulernya Selasa (24/3) malam.

Dengan dorongan moral dimaksud, demikian Adi, sekaligus mengajak pemerintah dan tim gugus tugas agar masyarakat mendapatkan hak-haknya dalam mengakses informasi tentang covid-19. Lalu lebih inovatif dalam memberikan pelayanan.

“Memang gerakan kami ini lebih banyak kepada aksi lapangan, sekaligus mengikuti saran pemerintah  untuk tidak berkumpul. Jadi tidak banyak rapat maupun diskusi, tetapi langsung eksekusi,” ujarnya.

Dalam setiap aksi lapangan yang dilakukan, pihaknya akan selalu berkoordinasi bersama pemerintah setempat dan tim gugus tugas.

Dikatakan, pihaknya juga melibatkan UMKM, khususnya para penjahit. Lalu mereka menjahit masker. “Kami sedang bekerja mencari dukungan dana untuk pembelian bahan. Sekaligus diserahkan kepada sejumlah penjahit,” katanya.

Nantinya, jelas dia, sekitar 1.000 masker dijahit. Selanjutnya dibagikan secara gratis kepada masyarakat di sejumlah titik oleh para relawan. “Ya, mudah-mudahan dalam dua hari kedepan, 1.000 masker sudah dapat dijahit,” ujar dia. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD