081344567070 metromerauke@gmail.com

Terkait Biaya Pasien Corona, BPJS Kesehatan Masih Menunggu Keputusan Pusat

BPJS Kesehatan Merauke, dalam kegiatan coffe morning bersama wartawan di Merauke, Jumat (20/3)

Metro Merauke – Merebaknya penyebaran virus corona, termasuk di Merauke sendiri, saat ini diketahui ada 2 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Merauke.

Menyikapi permasalahan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Merauke mengaku siap bila nantinya harus menanggung biaya perawatan, pengobatan pasien corona yang merupakan peserta BPJS.

Hanya saja, hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan regulasi dari pemerintah pusat.

Penegasan itu dikatakan Kepala BPJS Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha kepada sejumlah wartawan, Jumat (20/3).

“Sebetulnya BPJS Kesehatan tidak bisa menjamin pada saat terjadinya wabah dan bencana. Terkait hal tersebut, saat ini masih berproses. Terlebih permasalahan ini ditetapkan tanggap darurat dan menjadi kewenangan pemerintah. Sehingga kami mesih menunggu keputusan pemerintah pusat seperti apa,” katanya.

“Saat ini peserta tidak perlu khawatirkan mengenai biaya pengobatan. Tetap pemerintah akan tanggung biayanya,” tukasnya.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan, pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk memberikan kepastian setelah keputusan MA tentang pembatalan kenaikan iuran.

Selain itu, adanya Perpres akan mengatur penanganan pasien terinfeksi virus corona oleh BPJS Kesehatan. Langkah itu dilakukan agar anggaran pengobatan para pasien corona menjadi akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri