081344567070 metromerauke@gmail.com

Terkait Virus Corona, Uskup Administrator Apostolik KAME Keluarkan Himbauan

Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke (KAME), Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC | LKF

Metro Merauke – Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke (KAME), Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC mengeluarkan himbauan yang ditujukan kepada umat Katolik, sehubungan dengan  virus corona yang merebak di berbagai daerah di Indonesia.

Dari rilis yang diterima Metro Merauke Selasa (17/3), Uskup Mandagi mengatakan, kegiatan peribadatan khususnya misa kudus tetap dirayakan di gereja dan kapel di semua gereja dalam wilayah Keuskupan Agung Merauke seperti biasa.

“Khusus umat yang sakit seperti demam, batuk-pilek dan sakit tenggorokan, disarankan untuk tinggal di rumah dan berusaha mendapatkan pengobatan dari dokter di rumah sakit,” pintanya.

Berkaitan dengan air suci dipintu masuk gereja, lanjut uskup, tetap disediakan. Tetapi tak ada kewajiban bagi umat menggunakannya. seperti pada saat normal.

Sementara ritual salam damai, katanya, tetap dilaksanakan asalkan masing-masing  orang memastikan kebersihan tangannya. Atau umat melakukan dengan cara membungkukan badan sambil menaruh kedua tangan di dada dalam sikap doa ataupun tidak melakukan. Untuk   komuni kudus, dianjurkan  diterima di tangan saja.

Khusus penciuman Salib pada Jumat Agung nanti, jelas Uskup,  dianjurkan pada tahun ini dilakukan, tetapi dengan cara umat berbaris dan membungkuk di depan Salib yang dipegang para misdinar tanpa harus menciumnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh gereja dan kapel dalam lingkung Keuskupan Agung Merauke, juga komunitas serta  keluarga agar menyatukan hati dan jiwa dengan Bapa Paus Fransiskus dalam memohonkan  perantaran Bunda Maria untuk para korban maupun demi pencegahan virus corona. Caranya adalah  imam maupun pemimpin ibadat, memohonkan intensi khusus dalam misa bagi  para korban,” pintanya.

Uskup menambahkan, komunitas atau kelompok kategorial doa agar dengan kusuk tetap memohonkan belas kasih Tuhan untuk menghindari umat manusia dari virus. Baik keluarga maupun pribadi, diharapkan tetap mendoakan dan memohonkan campur tangan Ilahi. (LKF)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD