Seriusi Pemekaran PPS, 4 Kabupaten Kembali Bertemu

Seriusi Pemekaran PPS, 4 Kabupaten Kembali Bertemu

Suasana pelaksanaan rapat koordinasi PPS

Metro Merauke – 4 Pemkab di selatan Papua, masing-masing Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel kembali bertemu untuk membahas persiapan tim menuju pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) lewat pelaksanaan rapat koordinasi di Kantor Bupati Merauke, Senin (24/2).

Rakor kali ini dihadiri Wakil Bupati Merauke, Sularso, Bupati Mappi Kristosimus Agawemu, Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo dan Kepala Kesbangpol Boven Digoel, membahas dua agenda penting.

Yakni membentuk struktur tim PPS dan agenda kerjanya 2020.

Dikatakan Wakil Bupati Sularso, Merauke sebagai kabupaten induk merasa terhormat. Menyusul telah ditunjuk sebagai tempat pertemuan 4 kabupaten.

“Kehadiran kita bersama untuk mempersiapkan rumah baru sebagai tempat tinggal kita semua. Dengan hadirnya Provinsi Papua Selatan dapat mempercepat proses perkembangan pembangunan serta pelayanan masyarakat wilayah selatan,” ujarnya.

Menurutnya, tim pemekaran harus bergerak cepat. Mengingat banyak daerah lainnya di Indonesia yang juga menginginkan adanya pemekaran. Sehingga, lanjutnya dibutuhkan semangat dan saling mendukung untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut.

“Jelas pemekaran PPS untuk seluruh masyarakat. Dan perjuangan saat ini akan dirasakan generasi mendatang,” tukasnya.

Senada dengan Wabup Sularso, sementara itu Wakil Bupati Asmat, Tbomas Eppe Safanpo mengatakan, setelah tim PPS yang didalamnya diisi keterwakilan berbagai elemen dari 4 kabupaten, harus memiliki rencana kerja yang jelas dan terukur.

“Rencana kerja yang disepakati harus dikerjakan bersama-sama. Setelah pemekaran provinsi Papua Selatan digaungkan pemerintah pusat, tim PPS tidak boleh tinggal diam, harus sambut dan seriusi,” katanya.

Selanjutnya, guna memperlancar kerja tim PPS, dibutuhkan dukungan anggaran. Untuk itu, kata Wabup Asmat, setiap Pemkab pun telah menyepakati  dan bersedia menggelontorkan dana dukungan PPS sesuai kebutuhan.

Di tempat yang sama Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu, meminta semua elemen masyarakat ikut mengawal proses pemekaran Provinsi Papua Selatan. Termasuk pada saat meletakan dasar karateker yang akan memimpin provinsi nantinya.

“Tidak perlu ragu berbicara pemakaran PPS, saya percaya restu Tuhan dan leluhur akan terwujud. Dan, kembali komitmen siapa yang pimpin PPS pertama kali dari karateker, itu akan menentukan langkah kita ke depan. Sehingga perlu pengawalan semua elemen pada saat meletakan dasar karatekernya,” tandas Agawemu. (Nuryani)

Kirim Komentar