Musim Hujan, Masyarakat Merauke Diminta Waspadai DBD

Musim Hujan, Masyarakat Merauke Diminta Waspadai DBD

Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevil Muskita

Metro Merauke – Memasuki musim hujan, masyarakat Merauke, Papua, diminta mewaspadai penyakit yang dapat ditimbulkan dari pergantian cuaca, salah satunya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevil Muskita mengatakan, pihaknya telah mendapatkan adanya laporan dari Puskesmas mulai adanya kasus DBD.

“Namun sesuai SOP masih perlu dilakukan penyelidikan epidiomologi untuk memastikan kasus yang dilaporkan. Nantinya kalau memang dinyatakan positif, ditindaklanjuti dengan fogging fokus pada tempat kasus terjadi,” terangnya kepada wartawan, Kamis (13/2).

Dijelaskan, wilayah Merauke diketahui endemis penyakit tersebut. “Setiap tahun, saat hujan, populasi nyamuk meningkat dan potensi penularan penyakit ini makin tinggi. Sehingga perlu diwaspadai,” katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD, masyarakat diimbau menggalakkan kegiatan kebersihan lingkungan, dan meningkatkan gerakan 3 M (menguras, mengubur dan menutup).

Disamping itu, lanjutnya, warga dapat pula melakukan abatisasi. Dimana serbuk Abate dapat diperoleh dengan gratis di Dinas Kesehatan.

“Saya tegaskan, bubuk abate bisa diperoleh di Dinas Kesehatan, gratis,” pungkasnya. (Nuryani)

Kirim Komentar