Puluhan Petugas Kebersihan Siap Dikerahkan Bersihkan Rute Pawai Budaya

karnaval bertema etnis | Google

Metro Merauke – Tak kurang dari 50 hingga 70 personel petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke bakal dikerahkan membersihkan sampah yang berserakan disepanjang rute yang dilalui peserta pawai budaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Merauke, Hj. Harmini menjelaskan, pawai budaya merupakan rangkaian kegiatan penyemarak hari jadi Kota Merauke ke-118 itu, dilaksanakan Rabu (12/2).

“Petugas kebersihan akan mengikuti rombongan pawai sambil melakukan pembersihan sampah di sepanjang jalan rute pawai. Mobil penyapu jalan pun ikut kita kerahkan,” ujarnya kepada Metro Merauke, Selasa (11/2).

Harmini menambahkan, acap kali usai pelaksanaan kegiatan, semisal karnaval maupun pawai, akan menyisakan sampah yang berserakan di jalan raya. Sehingga, bila tidak segera dibersihkan, dapat mengotori jalan dan mengganggu kebersihan di dalam kota.

Menurutnya, dalam hajatan tersebut dipastikan akan terjadi lonjakan volume sampah. Meski begitu, Dinas Lingkungan Hidup mengaku komit untuk melakukan pembersihan seoptimal mungkin.

“Bisa jadi jumlah sampah akan meningkat, berapa pun banyaknya sampah yang ada, kami siap untuk membersihkan. Ini menjadi bagian DHL dalam mendukung kemajuan daerah di hari jadinya ke 118 tahun,” katanya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Merauke senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan keindahakan kota, dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.

Sekedar diketahui, Rabu (12/2), pawai budaya dijadwalkan berlangsung mulai jam 08.00 WIT. Dengan titik star dari tugu Lingkaran Brawijaya dan finish di Kantor Bupati Merauke. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan