081344567070 metromerauke@gmail.com

Sejumlah Cabup-Cawabup Non Papua ‘Proklamirkan’ Diri Maju, Ratusan  OAP Turun Jalan

Aksi demonstrasi yang dilakukan masyarakat | LKF

Metro Merauke – Aksi turun jalan dilakukan ratusan orang yang menamakan diri Solidaritas Pemuda-Mahasiswa dan Masyarakat Merauke-Papua. Mereka melakukan long-march dengan berjalan kaki dari Tugu Pepera menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Setelah dari situ,  lanjut lagi ke kantor bupati hingga Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke. Sejumlah spanduk dan pamflet dibawa. Selama perjalanan, orasi tak henti-hentinya digaungkan.

Pantauan Metro Merauke Senin (3/2), setelah tiba di Kantor KPU Merauke, suasana sempat memanas. Karena massa menuntut berdialog langsung  dengan Ketua KPU Merauke, Maria Theresia Mahuze. Namun  ketua sedang tidak berada di tempat, lantaran ada tugas lain.

Setelah diberikan pemahaman, akhirnya perwakilan Komisioner KPU Merauke, Rosina Kebubun diberikan kesempatan bicara, namun tidak lama. Setelah itu mereka bergerak menuju kantor bupati dan DPRD.

Aksi yang dilakukan itu sebagai bentuk protes terhadap sejumlah orang  non Papua yang  telah memprokamirkan diri maju  menjadi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Merauke dalam pertarungan Pilkada  tanggal 23 September 2020 mendatang.

Koordinator Lapangan, Kosmas Kua menegaskan, aksi yang dilakukan ini sebagai protes terhadap sejumlah orang non Papua yang telah menyatakan maju dalam Pilkada Merauke.

“Hargai kami orang Papua dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertarung merebut hati rakyat. Jangan non Papua ikut bertarung lagi,” pintanya.

Dia menegaskan, di daerah lain di Indonesia, orang Papua tidak pernah mencalonkan diri maju bertarung menjadi bupati maupun walikota.

“Jika sampai  orang non Papua ngotot tetap maju, sama saja tidak menghargai kami sebagai pemilik negeri ini,” tegasnya.

“Sekali lagi kami tolak dengan tegas non Papua ikut bertarung dalam Pilkada Merauke. Itu menjadi suatu keputusan bulat. Olehnya harus dihargai dan dihormati semua orang yang datang dan tinggal disini,” pintanya. (LKF)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD