081344567070 metromerauke@gmail.com

Diberangkatkan, 70 Ton Beras Merauke Menuju PNG 

Wakil Bupati Merauke, Sularso melepas langsung keberangkatan KM Merpati milik Navigasi mengangkut 70 ton beras ekspor ke PNG

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso telah melepas keberangkatan KM Merpati milik Navigasi yang mengangkut 70 ton beras lokal untuk di ekspor ke negara PNG.

Sesuai rute keberangkatan, kapal Navigasi ini selanjutnya menuju Sorong, kemudian ke Jayapura. Setelah itu, akan menggunakan armada lain untuk bertolak ke PNG. Yakni, kapal yang telah memiliki ijin lintas negara.

Wakil Bupati menyebut, 70 ton beras berkualitas premium dari Merauke yang diekspor tersebut merupakan bantuan sosial, untuk membantu warga korban gempa yang menimpa PNG beberapa waktu lalu.

“Tapi, tetap saja tata cara pengirimannya melalui mekanisme ekspor, karena antar negara,” jelasnya kepada wartawan, Senin (27/1).

Tak dipungkiri, dengan adanya pengiriman beras Merauke ke PNG ini, kata, Sularso, menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah maupun secara nasional. Pasalnya, hal tersebut menjadi cita-cita bangsa sejak lama.

Bahkan diharapkan, ke depan selain beras, produksi SDA lainnya dari Merauke padat juga di kirim ke luar daerah maupun di ekspor ke luar negeri.

“Ini membuktikan Merauke telah mampu berdikari lewat potensi sumber daya alamnya.”

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wabup meminta pemerintah pusat dapat mendukung secara penuh kamajuan daerah, termasuk dalam mengatasi berbagai kendala yang kerap dialami dalam upaya memajukan sektor pertanian di Merauke.

Semisal, penanganan keterbatasan alat, masalah tenaga kerja, daya tampung gudang beras hingga penanganan pendistribusian hasil produksi yang kontinyu. (Nuryani)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD