KPU Merauke Segera Buka Pendaftaran PPD, PPS dan KPPS

KPU Merauke Segera Buka Pendaftaran PPD, PPS dan KPPS

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze

Metro Merauke – Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 tahun 2019, KPU Merauke, Papua akan merekrut Panitia Pemilihan Distrik (PPD). Untuk itu, tahapan pendaftaran PPD akan segera dibuka, pada 15 Januari hingga 14 Februari 2020.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze kepada wartawan menerangkan, jumlah PPD yang akan direkrut sebanyak 100 orang. Dengan rincian, 5 orang perdistrik. “Di Merauke ada 20 distrik, setiap distrik dibutuhkan 5 orang petugas PPD. Jadi totalnya mencapai 100 orang untuk PPD Kabupaten Merauke,” jelasnya, Senin (13/1).

Theresia Mahuze memastikan, perekrutan PPD akan dilakukan secara terbuka dan transparan. Selain perekrutan PPD, KPU setempat juga bakal membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Terkait persyaratan, lanjutnya, calon PPD, PPS maupun KPPS merupakan Warga Negara Indonesia dengan usia paling rendah 17 tahun serta berdomisili di wilayah kerjanya. Selain itu, lanjut Ketua KPU, pelamar harus sehat jasmani dan rohani, bebas pernyalahgunaan narkotika serta harus benar-benar independen, tidak aktif dalam kegiatan politik, termasuk di parpol tertentu.

“Seleksinya dilakukan secara terbuka, pendaftaran dilakukan di masing-masing distrik. Kecuali Merauke, Semangga dan Tanah Miring, pendaftaran dilakukan di KPU Merauke. Dengan pertimbangan akses trasportasi, kalau yang jauh harus daftar di KPU akan menyulitkan,” pungkasnya. (Nuryani)

Kirim Komentar

Metro Merauke
Kirim WhatsApp